EmitenNews.com - Adhi Karya (ADHI) memborong aset senilai Rp47,40 miliar. Aset itu, berupa Office Space MTH 27 Office Suites Lantai 11, berlokasi di Jakarta Timur. Aset tersebut diborong perseroan dari Adhi Commuter Properti (ADCP). 


Transaksi itu, masuk ranah afiliasi karena Adhi Commuter Properti anak usaha perseroan. Itu dibuktikan dengan kepemilikan saham sekitar 90 persen. ”Transaksi pembayaran kepada Adhi Commuter Properti telah dituntaskan pada Selasa, 30 Mei 2023,” ungkap Farid Budiyanto, Corporate Secretary Adhi Karya.


Pembelian aset itu dilatari pertimbangan secara lokasi sangat strategis, terkoneksi dengan moda transportasi massal. Bank itu light rail transit (LRT) atau Bus Transjakarta. ”Transaksi untuk menambah aset tetap perseroan yang digunakan untuk kegiatan usaha,” imbuh Farid. 


Transaksi itu, tidak menyebabkan perubahan rasio solvabilitas dan profitabilitas. Terlihat rasio likuiditas mengalami sedikit koreksi tersebab pengeluaran kas dan setara kas untuk transaksi. Rasio aktivitas, perputaran aset tetap mengalami koreksi karena penambahan aset tetap. Kondisi itu, akan membaik seiring perjalanan waktu. (*)