EmitenNews.com - ID FOOD menerapkan implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) untuk komoditas gula. Langkah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Pangan itu, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani tebu di dalam negeri. Implementasi SRG untuk komoditas gula tersebut, merupakan yang pertama kali diterapkan di Indonesia.


"Implementasi SRG komoditas gula ini perdana di Indonesia. Ini merupakan sinergi kami dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan," kata Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (26/8/2022).


SRG merupakan sistem yang dikembangkan oleh Bappebti Kementerian Perdagangan sebagai salah satu instrumen manajemen stok atau tunda jual, akses pembiayaan dan skema penunjang pascapanen.


Para petani tebu bisa melakukan tunda jual dan kemudian menyimpan gula dengan SRG. Para petani tersebut akan mendapatkan 70 persen dari nilai barang yang disimpan pada gudang tersebut.


"SRG diharapkan bisa membantu para petani saat harga lelang jatuh, mereka bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan menyimpan, kemudian mereka bisa mendapatkan dana dari resi yang mereka agunkan ke bank," kata Frans Marganda Tambunan. ***