EmitenNews.com - Duet Budi Arie Setiadi, dan Nezar Patria bakal memimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kabarnya keduanya bakal dilantik, Senin (17/7/2023) pagi, oleh Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat lainnya. Budi, Ketua Umum Projo, yang kini menjabat Wakil Menteri Desa akan mengisi posisi Menkominfo. Ia menggantikan Johnny G. Plate yang terjerat kasus korupsi BTS Kominfo.

 

Minggu (16/7/2023), Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengaku juga sudah mendengar Presiden Joko Widodo akan melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan sejumlah wakil menteri besok, Senin pagi. "Kabarnya demikian. Kita tunggu esok." 

 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin kepada pers, Minggu (16/7/2023), mengkonfirmasi agenda Presiden Jokowi, Senin pagi itu.

 

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara. Untuk waktunya jam berapa, tunggu agenda saja ya," kata Bey Machmudin.

 

Selain pasangan Budi, dan Nezar, Presiden Joko Widodo disebut-sebut akan melantikan sejumlah orang di Istana Presiden, Senin, mulai pukul 09.00 WIB.

 

Informasi yang ada menyebutkan, pelantikan menteri ini digelar di Istana, Senin, pukul 09.00 WIB. Kabarnya, selain pelantikan Menkominfo, ada 4 wamen, dan 1 anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres, yang juga akan dilantik.

 

Setelah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) akan diisi oleh Budi Arie Setiadi, dan Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo, Presiden juga akan melantik Prof. Paiman Rajardjo, sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), yang ditinggal Budi Arie.

 

Lalu, ada pergeseran Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Posisi yang ditinggalkan Pahala, bakal diisi Rosan Roeslani Perkasa, yang saat ini Dubes RI di Amerika Serikat. Posisi mantan Ketua Umum Kadin Indonesia itu, dikabarkan menjadi jatah Whisnutama, eks Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Besok pagi, Presiden Jokowi kabarnya juga akan melantik tokoh PPP, Djan Faridz sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). ***