EmitenNews.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Bpjamsostek) Kanwil DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya menyelenggarakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya. Sosialisasi mengangkat tema "Bersama Membangun Desa" berlangsung di balai room Polda Metro Jaya, di Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023. 


Sosialisasi itu, diikuti ratusan Bhabinkamtibmas bertugas di wilayah DKI Jakarta. Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombespol Badya Wijaya, saat sambutan pada acara itu menyampaikan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan  diberikan kepada Bhabinkamtibmas dalam mendukung program pemerintah yang diamanahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga ke desa atau kelurahan. 


”Masih banyak masyarakat pekerja belum mengetahui program, manfaat, dan pentingnya ikutserta terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan. Untuk itu dilaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini kepada teman-teman Bhabinkamtibmas sebagai pembekalan pengetahuan untuk dapat membantu mendukung program pemerintah memberikan perlindungan kepada seliruh pekerja Indonesia,” ucapnya. 


Badya Wijaya, berharap, sosialisasi itu diikuti dengan sebaik-baiknya oleh peserta supaya nanti dilapangan bisa diimplementasikan. Pada kesempatan sama Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Deny Yusyulian, diwakili Asisten Deputi Direktur Bidang Wasrik, dan MR BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Chairil Arianto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih, karena sudah bisa berkolaborasi dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya. 


Acara itu diharap dapat dilaksanakan sebagai amanah yang tertuang dalam perjanjian kerja sama (PKS) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Polri tentang pencegahan, dan penanganan ketidak patuhan pelaksaan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Ruang lingkup kerja sama dalam PKS itu, di antaranya soal pertukaran, dan pemanfaatan data atau informasi untuk mengetahui apakah masyarakat pekerja desa atau kelurahan sudah menjadi peserta kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau belum. 


Selain itu, memberi dukungan pencegahan ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial. ”Karena di DKI Jakarta masih banyak pemberikerja belum mendaftarkan tenaga kerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Chairil Arianto.


Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk merealisasikan target pada Maret 2023, Bhabinkamtibmas sudah bisa melakukan sosialisasi, dan edukasi setiap wilayah masing-masing kepada masyarakat pekerja. ”Tugas Bhabinkamtibmas di antaranya menginformasikan kepada kantor Cabang BPJS Ketenagakerjan kalau ada kegiatan warga di wilayah. Agen perisai BPJS Ketenagakerjaan akan datang untuk menjelaskan, mendata, sekaligus memungut iuran. Tahapan itu, ditarget akhir Maret selesai. Pada April-Desember 2023 aktivitas berhubungan dengan masyarakat sudah berjalan,” tegas Chairil. 


Fokus kolaborasi sosialisasi, dan penanganan ketidak patuhan, untuk meningkatkan awareness mengenai perlindungan sosial ketenagakerjaan ”Kami berharap kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dapat terealisasi sehingga semua pekerja formal, dan informal khususnya DKI Jakarta memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kalau pekerja mengalami risiko kerja akan mendapat manfaat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat berupa wujud nyata negara hadir saat warga mengalami risiko kerja,” tegasnya.


Senada dengan itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Erfan Kurniawan, mengatakan dengan menggandeng Babinkamtibnas diharap mampu berpartisipasi mengedukasi mengenai jaminan sosial bagi masyarakat sekitar, dan para pekerja. Itu akan menimbulkan kesadaran setiap pekerja butuh jaminan social ketenagakerjaan.


”Kami berhap je depan program-program, manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat menyeluruh, dan dipahami seluruh lapisan masyarakat. Setiap pekerja, setiap profesi mempunyai risiko, dan paling penting setiap orang berhak untuk mendapat perlindungan sosial dan kesejahteraan,” ucap Erfan. (*)