EmitenNews.com - Bank Indonesia menyediakan Rp197 triliun untuk penukaran uang baru menjelang Lebaran 2024. Kebiasaan orang Indonesia menyediakan uang baru dalam nilai tertentu, untuk dibagi-bagikan saat bulan Ramadan, sampai Idul Fitri.

 

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono uang sebanyak Rp197 triliun untuk ditukar itu jumlahnya naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikannya sebesar 4,65%, dari Rp189 triliun yang disiapkan BI untuk ditukar jelang Lebaran 2023.

 

"Semua itu sudah memperhitungkan berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan akseptasi digital. Artinya persentasinya sudah kita pertimbangkan dengan nontunai," ungkap Doni Primanto Joewono dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (21/2/2024).

 

Untuk melayani penukaran uang, BI akan menyiapkan 4.674 titik pelayanan. Jumlah itu masih bisa bertambah karena pihaknya akan menyediakan penukaran khusus di hub transportasi sebanyak 449 titik.

 

"Di  jalan tol kita perbanyak, sehingga memungkinkan orang sambil mudik di rest area, di pelabuhan, di stasiun, di bandara, ada penukaran uang," kata Doni Primanto Joewono. ***