EmitenNews.com -Emiten pendatang baru di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) menargetkan penambahan pelanggan retail hingga 30-40 persen dalam lima tahun ke depan. Saat ini, jumlah pelanggan retail perseroan baru sebesar 20 persen dari total pelanggan.

Perluasan segmen pelanggan retail merupakan bagian dari upaya pengembangan bisnis perseroan. Hal itu sejalan dengan langkah perseroan memperluas area dan jaringan distribusi.

"Ke depan fokus kami tidak hanya di industri besar, tapi mengarah ke industri menengah dan kecil, karena bagaimanapun segmen ini menjadi peluang untuk kami dari yang sebelumnya," kata Direktur Utama CGAS, Andika Purwonugroho dalam konferensi pers di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta pada Senin (8/1/2024).

Dalam hal memperluas cakupan pelanggan retail, perseroan menemui sejumlah tantangan antara lain proses distribusi. Untuk memastikan proses distribusi yang lancar, perseroan membangun sejumlah depo.

Di mana, saat ini perseroan telah memiliki tiga depo yang berlokasi Klaten, Bandung, dan Malang.

"Tahun ini bakal kami bangun dua depo lagi di Sukabumi dan Lampung. Kemudian, tahun berikutnya kami akan melihat ukuran pasar di wilayah tertentu yang fokus terhadap pertumbuhan industri, juga komersial bisnisnya," ujar Andika.

Perseroan menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp15 miliar-Rp20 miliar di 2024. Anggaran belanja modal perseroan akan digunakan untuk membiayai pembangunan sejumlah proyek perseroan.

Sejumlah proyek yang akan digarap perseroan antara lain pembangunan LNG Station di Galian Field Tambun Zone 7 Regional 2. Pembangunan LNG Station tersebut ditargetkan akan dimulai pada kuartal I-2024.

"Untuk capex tahun ini terbesar akan kami gunakan untuk pembangunan LNG Station tadi ya, sisanya untuk pembangunan depo-depo kecil," kata Andika.

Tahun ini, kata dia, perseroan akan membangun dua depo yang berlokasi di Sukabumi dan Lampung. Sebelumnya, CGAS telah memiliki tiga depo yang berlokasi Klaten, Bandung, dan Malang.

Selain itu, CGAS juga berencana melakukan ekspansi usaha ke beberapa daerah dengan membangun mother station baru yang lebih mendekati target pasar, yakni berlokasi di Grobogan Purwodadi, Jawa Tengah dengan kapasitas plant 1,5 MMSCFD dan mother station di Majalengka berkapasitas plant 1 MMSCFD, serta mother station di Manyar, Gresik, Jawa Timur berkapasitas plant 2 MMSCFD.