EmitenNews.com - PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) akan melakukan  Initial Public Offering (IPO) melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menerbitkan maksimal sebanyak 1.450.000.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp10 per saham dalam.

 

Dalam prospektus yang diterbitkan hari ini Selasa (4/1) disebutkan perusahaan bergerak dalam bidang Perdagangan Besar Logam untuk Bahan Konstruksi, terutama Mur dan Baut dalam IPO ini melepas sebanyak-banyaknya 30,21% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham.

 

Penawaran awal atau Book Building dilakukan mulai 4 Januari 2022 - 10 Januari 2022 dengan harga Rp 100 - Rp 110 per saham. Sehingga jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham adalah sebanyak-banyaknya Rp159,5 miliar.


Bertindak sebagai Penjamin Emisi Efek AI - UOB KAY HIAN SEKURITAS


Selain saham, Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.160.000.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak-banyaknya 34,63% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

 

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. Setiap pemegang 10 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 8 Waran Seri I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

 

"Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 tahun. Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian Saham Biasa Atas Nama dengan nilai nominal Rp10 setiap saham dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp 125 yang dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak efek dimaksud diterbitkan, yang berlaku mulai tanggal 27 Juli 2022 sampai dengan tanggal 24 Januari 2025,"terang Manajemen BAUT.

 

Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan berupa:

 

  1. Sekitar 6% akan digunakan untuk pembayaran utang usaha kepada pemasok, yaitu NA Fasteners Pte. Ltd., salah satu pemegang saham Perseroan; dan

 

  1. Sisanya akan digunakan untuk pembelian persediaan, baik persediaan terkait produk eksisting Perseroan, maupun persediaan produk baru yang selama ini belum disediakan oleh Perseroan, seperti full range mur dan baut yang terbuat dari stainless steel, socket cap screw dan hand tools dimana dengan adanya produk baru tersebut, kegiatan usaha Perseroan dapat menjadi lebih berkembang dimana Perseroan dapat menyediakan produk-produk mur dan baut dengan jenis yang lebih variatif kepada pelanggan-pelanggan Perseroan dalam rangka pengembangan usaha Perseroan.

 

"Dalam hal jumlah hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini tidak mencukupi untuk memenuhi rencana tersebut di atas, maka Perseroan akan menggunakan pendanaan yang berasal dari internal kas Perseroan dan/atau pembiayaan dari pihak perbankan dan/atau lembaga keuangan non-bank," katanya.