EmitenNews.com - PT Lovina Beach Brewery Tbk (STRK) mulai hari ini 6 September hingga 20 September 2023 menggelar penawaran awal atau book building dalam rangka akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan harga kisaran Rp100 hingga Rp119 per saham.

 

Dalam prospektus e-ipo yang diterbitkan hari ini perusahaan bidang Industri Distribusi Minuman Beralkohol & Pengolahannya melalui Anak perusahaan tersebut melepas sebanyak 1,18 miliar saham setara dengan 11,01 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh pada nominal Rp12 per lembar. Dana yang diharapkan dari IPO ini berkisar Rp118 miliar - Rp140,42 miliar.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek PT Artha Sekuritas Indonesia (SH).

 

Secara bersamaan STRK juga akan menerbitkan 3,245 miliar waran seri 1 secara cuma-cuma. Setiap 100 saham baru mendapat 275 waran seri 1 atau Rasio 100:275 dengan harga pelaksanaan Rp250 per saham. Dari penerbitan waran ini STRK aka mendapat dana tambahan sekitar Rp811,25 miliar.

 

Dana hasil IPO sekitar 62,08 persen dakan disetor kepada PT Lovina Industri Sukses. Oleh anak usaha itu, dana tersebut digunakan sebagai program penelitian dan pengembangan produk baru, pembelian alat produksi, dan modal kerja seperti pembelian bahan baku hingga pengemasan.

 

Sedangkan sisa dana IPO untuk modal kerja perseroan seperti beban pemasaran, pengenalan merek dagang, biaya pemeliharaan kendaraan dan gaji karyawan.

 

Dalam laporan keuangan kuartal I 2023 STRK membukukan penjualan sebesar Rp15,1 miliar dan penghasilan lainnya Rp16,7 miliar. Sedangkan laba bersih Rp19,4 miliar.


PT Lovina Beach Brewery (“Perseroan”) adalah perusahaan yang menjadi salah satu pelopor dalam industri craft beer di Indonesia yang kegiatan usaha utamanya adalah melakukan distribusi minuman alkohol. 

 

Perseroan melalui Perusahaan Anak juga memproduksi minuman alkohol mulai dari proses awal brewing, distilling hingga menjadi produk minuman alkohol yang siap untuk didistribusikan.