EmitenNews.com - PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menengarai beberapa faktor yang memicu penurunan harga saham secara signifikan dalam 15 hari bursa belakangan ini. Dalam 15 hari bursa, GOTO telah turun 53,7 persen. Bahkan dalam 6 hari bursa belakangan mengalami ARB (Auto Rejection Bawah). 


Dalam keterangannya Kamis (8/12/2022), Presiden GOTO, Patrick Cao mengatakan, fluktuasi harga saham merupakan bagian dari mekanisme pasar yang dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, kondisi makro ekonomi, pasar modal, kompetisi dan kinerja perseroan.


Dengan berakhirnya periode penguncian saham seri A, ada kenaikan saham beredar di pasar yang meningkatkan transaksi jual beli di pasar, dan hal ini di luar kendali perseroan.


“Hal ini karena investor awal yang beli dengan harga lebih rendah mulai merealisasikan keuntungan, berakhir masa investasi untuk investor keuangan dan kebutuhan likuiditas di akhir tahun atau kebutuhan lainnya,” kata Patrick Cao dalam paparan publik atas permintaan Bursa Efek Indonesia (BEI) secara daring, Kamis (8/12/2022).


Untuk diketahui, GOTO telah turun 53,7 persen dalam 15 hari bursa. Bahkan dalam 6 hari bursa belakangan mengalami ARB (Auto Rejection Bawah). 


Patrick Cao menegaskan, akan terus mendorong pertumbuhan bisnis melalui layanan dan produk berkualitas, peningkatan keterikatan pengguna jasa serta melakukan bisnis lebih efisien untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas. ***