EmitenNews.com - Penganugerahan Paritrana Award 2022 telah dimulai. Ajang tahunan itu, bentuk apresiasi kepada Pemerintah daerah, dan badan usaha telah mendukung implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.


Paritrana Award diinisiasi Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek), didukung Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Dalam Negeri.


Di ibu kota, Kantor Wilayah (Kanwil) BPJamsostek DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberi penghargaan Paritrana Award kepada pemerintah daerah, dan badan usaha DKI Jakarta. Kandidat Paritrana Award itu, terbagi atas beberapa kategori. Meliputi kategori pemerintah kabupaten/kota, perusahaan atau badan usaha mulai skala besar, menengah, hingga Usaha Kecil Mikro (UKM), dan usaha sektor layanan publik.


Kepala Kanwil DKI Jakarta Deny Yusyulian menjelaskan, partisipan tingkat provinsi DKI Jakarta dari Paritrana Award 2022 diikuti 5 kabupaten/kota, dan 115.495 badan usaha berbagai sektor untuk kemudian dilakukan proses seleksi. Seluruh kandidat telah diseleksi sejak 1-3 Februari lalu oleh 9 orang tim penilai. 


Berdasark parameter penilaian, pemenang untuk tingkat provinsi DKI Jakarta sebanyak 3 kabupaten/kota, 8 badan usaha skala besar, dan 3 badan usaha skala menengah, 3 sektor usaha jasa layanan publik, dan 3 sektor kecil mikro. ”Nantinya, setiap kategori pemenang mendapat peringkat 1 secara otomatis akan diusung mengikuti tingkat nasional,” tutur Deny dalam keterangan resmi, di Jakarta, Rabu (29/3).


Deny menyambut baik dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dan penegakan regulasi sebagai salah satu upaya perluasan cakupan perlindungan BPJamsostek. ”Program BPJamsostek sangat penting untuk memberi perlindungan, dan keamanan dalam bekerja. Sehingga pekerja bisa fokus, dan meningkatkan produktivitas berujung pada kesejahteraan,” tegas Hari Nugroho, Kepala Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta.


Hari mengajak peserta bukan penerima upah (BPU) di lingkungan sekitar untuk ikut dalam BPJamsostek. ”Program BPJamsostek bukan hanya program perlindungan tenaga kerja sektor formal, program ini juga memberi perlindungan kepada pekerja sektor informal. Untuk itu, saya mengajak untuk terus berkampanye manfaat perlindungan BPJamsostek,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan  Jakarta Mangga Dua Dessy Sriningsih, mengapresiasi para penerima Paritrana Awards 2022, baik kalangan badan usaha maupun pemda. ”Penghargaan ini sangat penting karena merupakan salah satu upaya untuk memotivasi berbagai pihak baik Pemda maupun pelaku usaha dalam mengoptimalkan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk seluruh pekerja,” ucap Dessy. (*)