EmitenNews.com - Tim Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading bersama PT Margo Indonesia Servicestama mengunjungi peserta RTW di Gresik, Jawa Timur. Tim tersebut ingin memastikan seorang peserta yang mengalami amputasi di tangan karena kecelakaan kerja bekerja kembali di perusahaan semula.  


”Peserta bernama Mahesa Ari Sandy sudah kami saksikan bekerja saat melakukan maintenance di dok kapal milik PT Margo Indonesia Servicestama,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Ivan Sahat H Pandjaitan. Menurut Ivan, awalnya Mahesa mengalami kecelakaan kerja pada saat memperbaiki kapal pada 5 April 2023. ”Tangan kanannya terjepit mesin piston dan harus diamputasi ibu jari dan telunjuk kanannya,” ujar Ivan. 


Karena Mahesa terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui perusahaannya maka seluruh biaya pemulihan kecelakaan kerja ditanggung penuh oleh negara. ”Saudara Mahesa juga mendapatkan pendampingan oleh Case Manager BPJS Ketenagakerjaan Kelapa Gading selama menjalani pengobatan dan perawatan serta mendapatkan tangan palsu,” ujar Ivan. 


Tidak hanya itu, setelah pulih Mahesa tidak kehilangan pekerjaannya. Hal itu karena perusahaan tempatnya bekerja berkomitmen mengikuti program Return to Work atau Kembali Bekerja dari BPJS Ketenagakerjaan. ”Dengan kondisinya yang sekarang, Saudara Mahesa telah kembali bekerja sejak 1 September 2023 sebagai masinis 3 yang memiliki tugas untuk melakukan perbaikan atau maintenance kapal,” ujar Ivan.


Menurut Ivan, untuk memastikan Mahesa kembali bekerja dengan aman dan nyaman pihaknya perlu menilai lingkungan kerja serta monitoring selama tiga bulan setelah kembali bekerja.


Ivan mengatakan, PT Margo Indonesia Servicestama menerapkan lingkungan kerja yang cukup aman. Karena setiap tenaga kerjanya sudah dibekali alat pelindung diri yang memadai. ”Pekerja diberikan briefing setiap pagi, dipasang rambu-rambu K3 di area kapal serta sistem komunikasi atau pelaporan kecelakaan kerja yang langsung diketahui oleh manajemen perusahaan sehingga setiap terjadi kecelakaan kerja bisa segera ditindaklanjuti,” ungkap Ivan. 


Menurut Ivan, PT Margo Indonesia Servicestama adalah contoh perusahaan yang baik. Karena perusahaan tersebut melindungi tenaga kerjanya dengan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Begitu pula perusahaan tersebut berkomitmen untuk menerima kembali tenaga kerja yang sudah didaftarkan ke program RTW. ”Saat ini sudah ada dua orang tenaga kerja yang didaftarkan ke program RTW dan keduanya juga sudah kembali bekerja,” kata Ivan. 


Ivan berharap agar pihak perusahaan selalu mengingatkan tenaga kerjanya untuk bekerja dengan mengutamakan keselamatan. ”Saling mengingatkan untuk selalu menggunakan APD dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja,” cetus Ivan. (*)