EmitenNews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) akan melakukan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau  private placement dengan menerbitkan 10,5 juta saham baru pada nilai nominal Rp50 

 

Susiana Tanto Corporate Affairs Head PT Bank CIMB Niaga Tbk dalam keterangan resmi Kamis (24/8) mengungkapkan bahwa rencana  private placement akan meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang aka digelar pada 9 Oktober 2023.

 

Seluruh dana yang diperoleh dari PMTHMETD, setelah dikurangi biaya-biaya transaksi, akan dipergunakan seluruhnya oleh Perseroan untuk pembiayaan ekspansi kegiatan usaha.

 

Dijelaskan, jumlah saham beredar perseroan akan bertambah, sehingga akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham. Selain itu aksi korporasi yang direncanakan selesai dan efektif sebelum 21 Desember 2023 juga untuk memenuhi persyaratan kepatuhan free float paling sedikit 50 juta saham dan paling sedikit 7,5% dari jumlah saham tercatat.

 

Dengan sejumlah saham baru yang diterbitkan, pemegang saham akan mengalami penurunan kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru. Saham akan terdilusi sebanyak-banyaknya 0,04% setelah private placement.

 

Selain itu, jumlah aset dan ekuitas perusahaan serta anak perusahaan juga akan mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0,0005% dan 0,001%.