EmitenNews.com - Budiman Sudjatmiko terang-terangan memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Politisi PDI Perjuangan itu, resmi mendeklarasikan relawan Prabowo-Budiman (Prabu) yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Untuk langkah politiknya yang terang-terangan menyalahi keputusan partainya itu, mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI itu, siap menerima sanksi.

 

"Tunggu aja, jangan berandai-andai. Ini kan situasi dinamis, kalau ada risiko ya tentu saja saya nggak akan lari dari tanggung jawab," kata Budiman Sudjatmiko di sela acara deklarasi relawan Prabu di Marina Convention, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/8/2023).

 

Dalam pernyataannya, Budiman Sudjatmoko menyebutkan, deklarasi Prabu tersebut, atas nama pribadi dan tidak ada kaitannya dengan kepartaian. Aktivis pendiri PRD di era Orde Baru itu, memilih berprasangka baik terhadap PDIP atas langkah politik yang dipilihnya tersebut.

 

"Saya tidak punya prasangka buruk pada partai PDI Perjuangan, dan PDI Perjuangan tentu saja punya aturan. Kalau disanksi ya, itu tanggung jawab saya. Itu sepenuhnya tanggung jawab Budiman Sudjatmiko," jelasnya.

 

Budiman Sudjatmoko menegaskan bahwa atas deklarasi tersebut berarti bahwa dia mendukung Prabowo Subianto. Dia mengaku memiliki alasan lebih memilih Prabowo dibanding Ganjar Pranowo, yang diusung partainya. "Saya dukung Pak Prabowo ya."

 

Prabowo Subianto, dan Budiman Sudjatmiko bersama para pendukungnya, menghadiri deklarasi Relawan Prabowo-Budiman atau Relawan Prabu di Pantai Marina Semarang, Jawa Tengah. Di antaranya ketua Dewan Pembina Gerindra Hasjim Djojohadikusumo.

 

Sebelum lahirnya Relawan Prabu

Beberapa hari sebelumnya, Budiman Sudjatmoko sudah menunjukkan keberpihakannya kepada Prabowo Subianto. Tahanan politik di era Orde Baru itu, sempat-sempatnya mengunjungi Prabowo di kediaman Jalan Kertanegara, Jakarta. Beberapa hari kemudian lahirlah Relawan Prabu itu.

 

Menariknya, Budiman Sudjatmiko memilih Jawa Tengah sebagai tempt deklarasi dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Kita tahu Jateng adalah wilayah kekuasaan Ganjar Pranowo, Gubernur Jatang dua periode, yang secara resmi diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai bakal capres 2024, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 2023 lalu.