EmitenNews.com -IHSG diperdagangkan di zona hijau pada perdagangan kemarin namun ditutup melemah ke  level 6618 (-0,22%). Pergerakan IHSG cenderung masih konsolidasi dan pasar cenderung merespon negative rilis dari S&P manufacturing Indonesia yang menurun ke level 50,3 pada May-23.  Beberapa sector yang mengalami pelemahan diantara sector non cyclicals (-0,32%), sector  technology (-1,42%). Investor asing tercatat  membukukan net buy di pasar reguler sebesar Rp213.36 miliar dengan saham - saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing diantaranya adalah GOTO, ICBP, BBRI.

 

Ayu Dian Research Analyst Reliance Sekuritas menyebut, secara teknikal pergerakan IHSG masih cenderung bergerak konsolidasi dan tertahan di MA5, sementara indikator stochastic kembali membentuk death cross. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk  perdagangan hari ini yaitu:  AMAR, BUAH, ANTM, BRMS, ADRO, ASSA, SIDO.

 

Sementara itu dari bursa AS, ketiga indeks utama kompak ditutup menguat.  Penguatan indeks didorong pasar yang menanti cenderung menanti rilis dari inflasi US yang akan rilis minggu depan sebagai indicator untuk melihat apakah The Fed akan kembali menaikan suku bunga.

 

Dari bursa Asia, pada pagi ini telah diperdagangkan di zona hijau, saat laporan ini ditulis  indeks Nikkei 225 menguat (+0,16%), diikuti index Kospi menguat (+0,44%). Pagi ini pasar akan menanti rilis data dari ekspor impor China yang di perkirakan oleh consensus masing-masing akan menurun -0,4% YoY dan -8% YoY.

 

Kemudian dari dalam negeri, IHSG kami perkirakan akan bergerak mix cenderung  menguat. Sementara pasar juga akan menanti data ekspor impor dari US yang merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Kami perkirakan IHSG akan  bergerak pada rentang 6580 - 6660.