EmitenNews.com - Ini upaya mengurangi terjadinya kerumunan massa di malam pergantian tahun 2021. Polda Metro Jaya bakal menerapkan Crowd Free Night (CFN) di wilayah DKI Jakarta saat malam pergantian tahun menuju 2022. Sebanyak 73 titik CFN tersebar pada enam lokasi titik rawan terjadinya kerumunan massa. 

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, terdapat 73 titik di wilayah DKI Jakarta yang akan diberlakukan CFN pada 31 Desember 2021. Dalam pelaksanaannya, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Kodam Jaya dan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah terjadinya kerumunan massa. 

 

Kepada wartawan, Selasa (21/12/2021), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan memastikan, dalam penerapan Crowd Free Night, sedikitnya ada 73 titik yang akan diberlakukan di wilayah DKI Jakarta.

 

Menurut Kombes Endra Zulpan, sebanyak 73 titik CFN tersebut tersebar enam lokasi yang menjadi titik rawan terjadinya kerumunan massa. Di antaranya Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Asia-Afrika. CFN juga akan diberlakukan di sekitar kawasan Monas, Kemayoran, Kemang, Dharmawangsa, Senopati, dan Jalan Pangeran Antasari serta wilayah Kanal Banjir Timur. 

 

Pemberlakuan CFN pada malam pergantian tahun baru 2022 merupakan bagian dari Operasi Lilin Jaya 2021 di wilayah DKI Jakarta. Zulpan menjelaskan, terdapat 8.000 personel yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan, mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

 

Tujuannya, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan protokol kesehatan selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Kekuatan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya dan Pemda DKI seluruhnya berjumlah 8.000 personel. "Kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan sesuai leveling PPKM yang berlaku di Jakarta." ***