EmitenNews.com - Sewaktu memasuki tahun 2021, ada rasa optimisme dan harapan, karena kita telah meninggalkan tahun 2020 yang sungguh kelam akibat pandemi Covid-19. Namun harapan diguncang dan dihempas oleh varian Delta. Rumah sakit penuh, pasien membludak hingga lorong dan tempat parkir. Tabung oksigen habis, maut menjemput korban yang bertumbangan. Setiap hari ada kabar duka.


Kehidupan kembali terhenti, dan ekonomi lampus. APBN kembali terguncang, Pendapatan negara tergerus. Belanja melambung untuk membangun rumah sakit darurat, membayar perawatan ribuan pasien Covid, memberi insentif Tenaga Kesehatan. APBN hadir meringankan beban rakyat, Bansos untuk rakyat dan pedagang kaki, buruh dengan upah paling kecil. APBN membayar akses internet bagi pelajar dan guru, memberi diskon listrik, tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam akun media Sosialnya, Sabtu (1/1/2022).


"Optimisme kita nyaris pupus, sewaktu 16.000 jajaran Kemenkeu tertular Covid dan 130 kawan kita tumbang, meninggal akibat Covid. Duka kita pendam dalam, lelah kita singkirkan, tak ada keluh kesah. Kita terus fokus bekerja, berikhtiar, sambil berdoa untuk menjaga Indonesia," ungkap Sri Mulyani.


Kemenkeu tetap tekun menjalankan reformasi. 5 UU kita selesaikan UU HPP, UU HKPD, UU Otsus Papua, UU APBN 2022, UU P2 APBN2020.


Lebih lanjut Menkeu meneruskan, di penghujung tahun 2021, cahaya pemulihan mulai makin terang. Covid terkendali meski muncul gelombang Omicron. Rakyat banyak telah mendapat vaksin, Ekonomi mulai bergerak, kegiatan mulai pulih. Ada semangat yang terus tumbuh dan harapan yang tidak pernah pupus.


Tahun 2022, perjalanan mengawal pemulihan ekonomi dan menyehatkan APBN masih akan panjang dan berliku. Medan laga kita masih terjal, berbatu dan licin penuh badai. Namun kita tetap bersama dan bersatu dalam semangat mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia.


Terimakasihku untuk kamu semua yang sungguh luar biasa, termasuk Satgas Covid-19 yang penuh dedikasi hebat. Tidak ada ikhtiar yang sia-sia, tak ada doa tak terjawab. Terus berikhtiar dan berdoa, dalam sabar dan syukur. Semoga Tuhan YME Allah SWT selalu melindungi kita semua dan menjaga kita di jalan yang lurus dan benar.


Selamat Tahun Baru 2022 Para Punggawa Nagara Dana Rakca. Aku dan Indonesia bangga padamu semua, tutup Sang Menteri Keuangan Indonesia itu.