EmitenNews.com - Bagi PDI Perjuangan, Gibran Rakabuming Raka tetaplah petugas partai. Meski sudah mendapat mandat dari Partai Golkar untuk maju sebagai bakal cawapres pendamping bacapres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024, Wali Kota Solo itu, masih warga PDI Perjuangan. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menegaskan Gibran Rakabuming Raka masih berstatus juru kampanye Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, seperti sejumlah kepala daerah lainnya dalam Pilpres 2024. 

 

Puan Maharani menyampaikan hal itu, usai menghadiri Konsolidasi Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/10/2023). Putri Ketua Umum PPuan mengingatkan bahwa dalam menghadapi kontes politik, seluruh partai koalisi, kader, dan simpatisan harus menjaga kekompakan dan solidaritas. 

 

"Ini tidak saya tujukan kepada siapa-siapa, tapi menjelang pemilihan, bisa saja kawan menjadi lawan atau lawan justru menjadi teman," kata Puan Maharani yang juga Jetua DPR RI.

 

Puan Maharani juga mengungkapkan, Gibran telah menyampaikan kepadanya ingin mengikuti di Pilpres 2024. Gibran bertemu Puan Maharani pada Jumat (20/10/2023) malam. Itu berarti beberapa jam sebelum Gibran menghadiri Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023), dan menerima pencalonan sebagai cawapres untuk Prabowo.

 

Dalam pertemuan Jumat malam itu, Gibran menyampaikan bahwa ada kemungkinan akan ikut dalam kontes Pilpres 2024.

 

Puan Maharani enggan menjelaskan lebih lanjut karena belum ada keputusan mengenai pencalonan Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam Pil[pres 2024. "Yang saya ketahui, Mas Gibran saat ini baru menerima rekomendasi dari Partai Golkar untuk bisa maju sebagai bakal cawapres. Namun, mengenai bagaimana selanjutnya, hal itu belum ada keputusan."

 

Seperti sudah ditulis, Partai Golkar resmi mendukung Gibran, putra sulung Presdien Joko Widodo, menjadi bakal cawapres untuk Prabowo. Dukungan ini disampaikan dalam Rapimnas Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu siang. Gibran yang hadiri dalam agenda ini pun menerima mandat tersebut. 

 

Kepada wartawan Gibran menyatakan mengapresiasi penunjukan dari Golkar itu. Selanjutnya, putra sulung Presiden Jokowi akan menindaklanjuti rekomendasi Golkar itu, bersama Prabowo Subianto. Nama Gibran akan dibawa dalam pertemuan dengan para pimpinan parpol pendukung. ***