EmitenNews.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapat darah baru menuju pemilihan umum (pemilu) 2024. Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi menjadi kader PSI, Sabtu (23/9/2023). Bergabungnya pengusaha muda itu, ditandai penyerahan secara simbolis kartu tanda anggota (KTA) di Kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha menyerahkan langsung kartu itu ke Kaesang Pangarep. 

 

Kepada pers, usai menerima KTA PSI itu mengungkapkan, memilih partai itu, karena kesamaan visi dan misi sama dengannya. Ia menyebutkan, keinginan anak-anak muda adalah lebih terlibat di sektor publik. Apalagi di Pemilu anak muda biasanya sebagai objek pasif. 

 

"Kita mau mereka itu menjadi objek aktif karena mau gimana pun masa depan Indonesia untuk anak muda Indonesia," tegasnya.

 

Keputusannya terjun ke dunia politik, dan bergabung dengan PSI, menurut Kaesang Pangarep juga berdasarkan diskusi dengan istrinya, Erina Gudono, yang diakuinya sebagai teman diskusinya dalam keluarga intinya saat ini. Karena itu, pendaftaran sebagai anggota parpol itu, sudah dilaksanakan pada pekan lalu. 

 

"Karena mau gimana pun istri saya teman hidup saya. Teman saya berdiskusi apa pun itu. Restu dari istri saya semoga ini sebagai langkah awal politik saya. Saya berharap saya dan PSI bisa membuat Indonesia jauh lebih baik di masa depan," katanya.

 

Erina Gudono hadir dalam acara penyerahan KTA PSI untuk sang suami, di rumah kediaman sang mertua, Jokowi di Solo itu. Hadir juga Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni, dan lainnya.

 

Sebelumnya, PSI mengklaim mendapat amunisi baru dengan bergabungnya Kaesang Pangarep. Pasalnya, kata Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo, bergabungnya putra ketiga Presiden Jokowi itu membawa efek positif. Antonius mengatakan momentum ini sebagai 'Kaesang Effect'. 

 

"Berefek positif bagi kami. Anak-anak muda yang apatis terhadap politik melihat gairah baru di Politik. Masuknya Mas Kaesang ini jadi 'Kaesang Effect'," katanya, pada Kamis (21/9/2023). ***