EmitenNews.com - Dari Banggai Kepulauan (Bangkep), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 15 ruas jalan sepanjang 147 km di Sulawesi Tengah. Jalan yang diresmikan itu merupakan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pemerintah menggelontorkan anggaran sampai Rp330 miliar untuk pembangunan jalan Inpres itu.

"Pada hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah," ucap Presiden Jokowi dikutip siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (26/3/2024).

Peresmian bertempat di jalan jalur dua Desa Tompudau Kecamatan Tinangkung itu,  ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. 

Presiden didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir, Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling, Sekda Bangkep Rusli Moidady dan Unsur Fokopimda lainnya.

Setelah persemian IJD dilakukan, Presiden Jokowi menyempatkan waktu untuk menyapa masyarakat sekaligus membagikan kaus dengan para pengunjung yang semangat menyambut kedatangan Presiden 2 periode tersebut.

Sebanyak 15 ruas jalan itu tersebar di sejumlah daerah di Sulteng, terdiri atas sembilan kota dan kabupaten. Pembangunan 15 ruas sepanjang 147 km itu, menghabiskan anggaran Rp 330 miliar.

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah itu, Presiden juga mengunjungi Pasar Salakan.

"Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Banggai sangat ramah, sangat baik dan menyambut kami semuanya," ujar Jokowi seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3/2024).

Selain meresmikan sejumlah infrastruktur, dalam kunjungannya ke Sulteng itu, Jokowi sempat mengecek sejumlah harga bahan kebutuhan pokok di sana. Dalam dialognya dengan pedagang, Presiden mengatakan harga beras di pasar tersebut masih baik.

"Saya cek harga harga kebutuhan pokok juga baik beras ada yang Rp13 ribu, SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) dari Bulog juga tersedia di sini," kata Jokowi.

Tetapi, menurut Presiden, harga bawang putih di Banggai masih agak mahal. "Bawang merah p 35 ribu, bawang putih memang agak mahal, bawang putih sampai Rp60 ribu, tapi secara umum harga di sini baik." ***