Likuiditas Didukung oleh Akses Pendanaan: IIF tidak memiliki jatuh tempo yang signifikan dalam jangka menengah, kecuali Rp425 miliar pada tahun 2023 dari obligasi domestiknya. Namun, kami yakin risiko refinancing dikurangi dengan aksesnya ke pasar modal, hubungan dengan bank, dan dukungan dana pemegang saham. Utangnya adalah 45,8% dalam mata uang asing pada akhir 2022. IIF telah mencocokkan utang dolar AS dengan pinjaman dan aset dolar AS, dan melakukan lindung nilai untuk aset rupiah yang dicairkan menggunakan pendanaan dolar AS.

 

Fitch mengklasifikasikan IIF sebagai GRE yang merupakan credit linked to Indonesian sovereign (BBB/Stabil). Badan tersebut percaya bahwa pemerintah secara tidak langsung mengontrol IIF melalui SMI, sebuah badan usaha milik negara 100%. Fitch telah menetapkan skor GRE sebesar 45 berdasarkan atribut yang dinilai berdasarkan Kriteria Pemeringkat Entitas Terkait Pemerintah kami, yang mengarah ke pemerataan peringkat IIF dengan sovereign Indonesia terlepas dari tingkat profil mandiri IIF. Badan ini percaya pemerintah memiliki insentif yang sangat kuat untuk memberikan dukungan yang luar biasa kepada IIF.

 

IIF adalah lembaga kebijakan di bawah Kementerian Keuangan Indonesia. Misi utama perusahaan adalah mempercepat pembangunan infrastruktur nasional dengan menyediakan produk pembiayaan berbasis keberlanjutan untuk pembangunan proyek infrastruktur yang layak secara komersial dan mendorong partisipasi sektor swasta.