EmitenNews.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud MD) berterima kasih atas penunjukannya sebagai bakal cawapres pendamping bakal capres Ganjar Pranowo. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan penetapan bacawapres Mahfud MD itu, dalam acara di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). Mendapat kepercayaan itu, Mahfud berjanji meneruskan cita-cita Bung Karno.

 

Saat didaulat menyampaikan sambutannya, Mahfud MD mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Megawati dan para ketua umum partai koalisi pendukung Ganjar Pranowo, yang hadir saat itu. Di antaranya, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

 

"Ini adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah mengemban tanggung jawab yang besar bersama Mas Ganjar Pranowo," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

 

Dalam pidatonya itu, Mahfud berjanji akan bekerja keras meneruskan cita-cita Bung Karno dan pendiri bangsa lainnya yang telah menghantarkan pintu emas kemerdekaan Indonesia. Ia mengemukakan bakal berjuang mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

Cita-cita Indonesia menjadi bangsa maju, adil, dan beradab dalam menyongsong Indonesia Emas, menurut Mahfud, akan terwujud jika memenuhi sejumlah syarat. Mulai dari ideologi bangsa yang kokoh, ekonomi yang baik, hukum dan keadilan ditegakkan, politik demokratis, budaya gotong royong yang hidup, dan mengedepankan persaudaraan.

 

"Jika penegakan hukum dilakukan benar, maka setengah masalah bangsa ini Insya Allah tuntas. Kalau hukum bagus, maka aspek kehidupan masyarakat akan baik juga," kata Mahfud.

 

Intelektual yang mumpuni

Saat mengumumkan penunjukkan Mohammad Mahfud Mahmodin yang akan mendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024, Megawati Soekarnoputri menyatakan, pendekar hukum, dan pembela wong cilik itu, cocok mendampingi Ganjar. Duet Ganjar-Mahfud, akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum, Kamis (19/10/2023). 

 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD," ujar Megawati Soekarnoputri dalam acara di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).