EmitenNews.com - Fitch Ratings telah mengafirmasi peringkat 'BBB-' Long Term Issuer Default Ratings (IDR) bank milik negara Indonesia (IDR). Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang Mandiri 'AA+(idn)' dan Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1+(idn)'. Outlooknya Stabil. Daftar lengkap tindakan pemeringkatan berikut ini.


Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA(idn)' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1(idn)' menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan dibandingkan dengan emiten atau kewajiban lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional lembaga tersebut, peringkat ini ditetapkan untuk risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara yang sama. Di mana profil likuiditas sangat kuat, "+" ditambahkan ke peringkat yang ditetapkan.


Pada saat yang sama, Fitch telah menarik Support Rating dan Support Rating Floor Mandiri, karena tidak lagi relevan dengan cakupan agensi setelah publikasi Kriteria Peringkat Bank kami yang diperbarui pada 12 November 2021. Sejalan dengan kriteria yang diperbarui, kami telah menetapkan Mandiri mendapat Government Support Rating (GSR) 'bbb-'.


Peringkat IDR dan Nasional didorong oleh harapan kami akan dukungan pemerintah yang luar biasa, jika diperlukan, seperti yang diungkapkan oleh GSR yang baru ditugaskan. Kami percaya pemerintah Indonesia (BBB/Stabil) memiliki kemampuan dan kecenderungan moderat untuk mendukung bank-bank penting di dalam negeri secara sistemik, termasuk Mandiri. Pandangan kami didasarkan pada aset sektor perbankan Indonesia yang relatif kecil terhadap PDB dan utang pemerintah/PDB yang rendah dibandingkan dengan rekan-rekan berperingkat 'BBB'. Hal ini diimbangi dengan kemampuan membayar utang di bawah rata-rata terhadap negara-negara dengan peringkat 'BBB' karena pendapatan pemerintah yang rendah. Sebagian besar aset sistem juga dimiliki oleh bank, yang mungkin bergantung pada dukungan pemerintah pada saat stres.


Kami percaya pemerintah memiliki kecenderungan tinggi untuk mendukung Mandiri karena kepentingan sistemik bank sebagai bank komersial terbesar di Indonesia, dengan pangsa 17% dari aset industri, profil pendanaan yang didominasi deposito domestik dan kepemilikan mayoritas negara.


Kami telah menegaskan Peringkat Viabilitas sesuai dengan VR tersirat di 'bb+'. Peringkat Viabilitas mencerminkan pandangan kami tentang profil standalone bank, yang didukung oleh profil bisnis yang memuaskan sebagai bank terkemuka untuk pinjaman kepada korporasi dan badan usaha milik negara Indonesia. Ini juga mencerminkan pendanaan di atas rekan, likuiditas dan profitabilitas, penyangga modal yang memadai, dan profil risiko dan kualitas aset yang sejalan dengan rekan-rekan domestik.


Kami mengharapkan pemulihan ekonomi Indonesia - tercermin dalam perkiraan pertumbuhan PDB riil kami di atas 6,0% pada tahun 2022, dari sekitar 3,5% pada tahun 2021 - untuk meningkatkan prospek bisnis bagi bank-bank domestik. Kami yakin Mandiri berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan kondisi yang lebih kuat. Kami mempertahankan skor 'bb+' operating environment (OE) untuk bank-bank di Indonesia dengan outlook stabil; skor kategori OE tersirat untuk bank lokal adalah 'b', tetapi kami telah menyesuaikan skor untuk mencerminkan stabilitas pasar dan makroekonomi yang lebih besar daripada yang tercakup dalam skor tersirat.


Franchise domestik Mandiri yang kuat ditopang oleh kepemilikan pemerintah. Ini memiliki hubungan yang kuat dengan, dan mendapat manfaat dari dana simpanan yang substansial dari, perusahaan milik negara, yang termasuk di antara deposan terbesarnya. Bank menawarkan berbagai produk dan layanan untuk korporasi dan individu, meskipun berfokus pada segmen korporasi besar dan komersial (korporasi kecil); pinjaman ini menyumbang sekitar 52% dari total pinjaman pada akhir tahun 2021. Mandiri bergerak di bidang perbankan syariah, perbankan mikro, multifinance, manajemen aset, sekuritas serta asuransi kesehatan, umum dan jiwa melalui anak perusahaan. Pinjaman yang dibukukan pada anak perusahaan terdiri dari 21% dari total pinjaman, dengan peminjam mikro (12%), konsumen (9%) dan UKM (6%) menyumbang sisanya. Skor profil bisnis Mandiri 'bbb'


Skor kualitas aset Mandiri tetap di 'bb', sejalan dengan skor kategori tersirat. Kami memperkirakan pinjaman berisiko akan tetap tinggi dalam waktu dekat, meskipun kondisi ekonomi membaik. Kredit yang mengalami penurunan nilai, yang tercermin dari rasio kredit bermasalah, turun menjadi 2,7% pada tahun 2021 (akhir 2020: 3,1%), di bawah rata-rata industri sebesar 3,2% pada akhir-9M21. Hal ini disebabkan oleh pemulihan ekonomi Indonesia yang baru dimulai dan pertumbuhan kredit perbankan yang meningkat menjadi 8,4% (industri: 5,2%). Risiko yang masih ada terhadap kualitas kredit tercermin dari rasio pinjaman yang direstrukturisasi sebesar 15,8% (2020: 19,3%), yang berada di bawah rata-rata peer bank besar sebesar 19,3% pada akhir-9M21. Sekitar 64% dari pinjaman ini diklasifikasikan sebagai 'lancar', diuntungkan dari regulasi yang dilonggarkan tentang klasifikasi pinjaman hingga akhir 1Q23. Rasio cakupan penyisihan kerugian pinjaman sebesar 244% berada di atas sektor


Kami telah merevisi prospek faktor pendapatan dan profitabilitas menjadi positif, dari stabil, karena kami memperkirakan profitabilitas mendapat manfaat dari biaya kredit yang lebih rendah seiring dengan kondisi operasi yang normal. Skor faktor tetap di 'bb', tetapi kami percaya bahwa rata-rata empat tahun rasio laba operasional/aset tertimbang menurut risiko bank dapat naik menuju ujung atas kisaran 1,25%-4,75% untuk skor kategori tersirat 'bb'. Rasio tersebut mencapai 3,6% pada tahun 2021, di atas rata-rata rekanan tahunan sebesar 3,3% pada akhir-9M21. Margin Mandiri yang tinggi karena basis tabungan dan giro berbiaya rendah yang besar harus terus mendukung profitabilitas di atas rekan-rekan, meskipun kami memperkirakan pengetatan margin moderat karena suku bunga akan naik akhir tahun ini.


Kami percaya bahwa penyangga modal Mandiri akan cukup dalam waktu dekat untuk menahan tail risk yang berasal dari pandemi Covid-19. Rasio modal ekuitas umum Tier 1 (CET1) stabil pada 18,4% (2020: 18,4%), meskipun jauh di bawah industri 23,6%. Kami mempertahankan kapitalisasi dan leverage titik tengah 'bb+' dengan prospek stabil, sejalan dengan skor kategori tersirat dari 'bb'.


Profil pendanaan Mandiri diuntungkan dari kepemilikan efektif 60% pemerintah, waralaba terkemuka di industri dan jaringan distribusi yang luas. Hal ini membantu bank mempertahankan proporsi simpanan berbiaya rendah yang lebih tinggi (70% dari total simpanan pada akhir 2021) dibandingkan industri (rata-rata 9M21: 60%) dan biaya pendanaan yang lebih rendah daripada kebanyakan perusahaan sejenis. Rasio pinjaman/depositonya turun menjadi 81% (2020: 85%) - sejalan dengan tren industri (rata-rata sektor akhir-9M21: 80%) - dan cakupan likuiditas dan rasio pendanaan stabil bersih masing-masing sebesar 198% dan 126% , berada di atas persyaratan minimum 85%. Kami telah mempertahankan titik tengah pendanaan dan likuiditas Mandiri di 'bbb-' dengan prospek stabil, di atas skor kategori tersirat dari 'bb'.