EmitenNews.com - Transcoal Pacific (TCPI) memborong satu unit kapal senilai USD14,80 juta. Kapal berbendera Panama itu, diboyong oleh anak usaha perseroan yaitu Karya Samudera Insani (KSI). Teken pembelian telah dilakukan pada 30 Januari 2024. 

Pembelian kapal Mother Vessel Bulk Carrier memiliki dimensi Supramax kelas BV, dengan tahun pembuatan 2009. Kapal itu dibeli dari sebuah perusahaan berbasis di Republik Panama. Antara penjual dan pembeli tidak ada hubungan afiliasi. 

Sumber pendanaan pembelian kapal tersebut kombinasi dari internal dan eksternal. Eksternal berupa pinjaman dari salah satu bank BUMN. Sedang sisanya dialokasikan dari kas internal perusahaan. ”Transaksi berdampak positif pada perseroan,” tegas Bintang Septo Drestanto, Direktur Transcoal Pacific. 

Maklum, saat ini perseroan melalui anak usaha dengan dukungan armada baru tersebut, dapat mendukung pengangkutan kargo milik pelanggan perseroan. ”Kami berharap pengoperasian Mother Vessel dapat mendongkrak pendapatan,” harapanya. (*)