EmitenNews.com - PT Atlas Resources (ARII) bakal menerbitkan 300 juta saham baru berskema private placement. Itu setara 9,58 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh 3,13 miliar lembar. Saham anyar itu, dibekali nilai nominal Rp200 per lembar.


Aksi korporasi itu, untuk memperkuat struktur permodalan, dan keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan modal kerja perseroan maupun entitas anak. Rencana itu, butuh persetujuan dari pemegang saham independen via RUPSLB pada Selasa, 19 Juli 2022.


Dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundangan berlaku, dana dari pelaksanaan private placement, setelah dikurangi biaya-biaya, akan digunakan untuk memperkuat modal kerja. Dengan hajatan private placement itu, perseroan dapat menggunakan dana untuk memperbaiki struktur modal kerja. 


Dengan modal kerja lebih baik, perseroan dapat menjalin kerja sama, dan pembiayaan investasi dengan pihak ketiga untuk mendukung kegiatan usaha. Pelaksanaan private placement akan meningkatkan ekuitas. Selain itu, memperbaiki rasio likuiditas. Rasio ekuitas terhadap utang, dan rasio likuiditas lebih baik akan meningkatkan kemampuan perseroan mendapat pendanaan investasi.


Aksi korporativ itu, dilatari keinginan perseroan meningkatkan kapasitas, dan kualitas infrastruktur hub Musi Rawas Utara (Mutara) telah berlangsung beberapa tahun terakhir. Infrastruktur hub Mutara meliputi jalan angkut, dan pelabuhan batu bara sengat erat dengan kapasitas produksi, dan logistik perseroan di masa mendatang.


Oleh karena itu, perseroan perlu memperbaiki modal kerja, dan ekuitas agar bisa mendapat pembiayaan investasi dari pihak ketiga. Perseroan memerlukan keleluasaan untuk sewaktu-waktu dapat mengundang investor yang memberikan penawaran terbaik sebagai pemegang saham perseroan. (*)