EmitenNews.com - PT Riota Jaya Lestari menyerahkan secara simbolis beasiswa S1 untuk 30 mahasiswa Kolaka Utara. Acara istimewa itu, dihadiri orang tua peraih beasiswa. Selain itu, juga dihadiri pelaksana program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Riota Jaya Lestari, para camat, dan kepala desa. 


Penyerahan beasiswa itu, peristiwa penting dalam mendukung pendidikan tinggi, dan pemberdayaan masyarakat Kolaka Utara. Itu sekaligus mewujudkan komitmen perusahaan tambang dalam menjalankan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat program PPM di bawah kebijakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 


Awaluddin, Humas PT Riota Jaya Lestari, menyatakan pendidikan salah satu fondasi penting dalam membangun masa depan lebih baik. Dengan bangga, PT Riota Jaya Lestari menyediakan beasiswa sebagai wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendukung generasi muda dan meningkatkan akses pendidikan tinggi. ”Kami berharap para penerima beasiswa dapat memanfaatkan dengan baik untuk mencapai potensi terbaik,” tegas Awaluddin. 


Dina Vionetta, Petugas PPM PT Riota Jaya Lestari, menambahkan melalui program itu, perusahaan berharap sumber daya manusia di desa-desa lingkar tambang ikut serta membangun daerah di masa mendatang dengan kompetensi masing-masing. ”Kami senantiasa berdiri bersama masyarakat untuk mengawal kemajuan daerah melalui peningkatan mutu pendidikan sumber daya manusia,” imbuhnya.


Hajatan itu, untuk menyuarakan komitmen bersama dalam membangun sumber daya manusia di desa-desa melalui pendidikan. PT Riota Jaya Lestari bersama pemerintah daerah berusaha memberikan kesempatan setara dan sama kepada seluruh warga Kolaka Utara untuk mengakses pendidikan tinggi. 


“Beasiswa ini merupakan komitmen PT Riota Jaya Lestari untuk turut mensejahterakan desa-desa sekitar tambang via pendidikan. Desa-desa sekitar Izin Usaha Pertambangan (IUP) kami menyimpan talenta luar biasa. Tidak hanya prestasi di kampus dengan IPK tinggi, tetapi juga prestasi non-akademis. Ada yang sudah mulai merintis usaha kecil, ada hafidz quran, ada yang memiliki proyek pribadi masing-masing sesuai bakat. Kami berharap beasiswa ini dapat berjalan beriringan bersama anak-anak muda cemerlang, supaya bisa membangun masa depan Kolaka Utara, lewat peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar H. Amirullah Nur Saenong, Direktur Utama PT Riota Jaya Lestari.


Camat Lasusua Andi Selle Anwar, mendukung inisiatif perusahaan, dan berharap perusahaan lain mengikuti jejak PT Riota dalam mendukung sektor pendidikan, dan melirik aspek lain macam olahraga, dan kesenian. ”Ini tindakan sangat bagus, dan perusahaan pertama memberi beasiswa S1 untuk masyarakat Kolaka Utara, di Kecamatan Lasusua, dan Lambai. Semoga perusahaan lain melakukan hal serupa,” harapnya. (*)