EmitenNews.com - PANINBANK  (PNBN) berupaya mendorong Akselerasi Teknologi dan Pengetahuan Genomik dan Kesehatan di Indonesia. Dalam kerjasama yang difasilitasi oleh Kementrian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dan Kementrian Kesehatan RI ini, PaninBank mendonasikan dana sebesar Rp300 Milyar melalui Yayasan Satria Budi Dharma Setia.


Dana antara lain akan digunakan untuk Pembangunan Bank Data Genomik Manusia Indonesia (Indonesian Human Genomic Data Bank) pertama di Indonesia melalui peralatan pengurutan gen kapasitas tinggi (high throughput genome sequencing).

 

Presiden Direktur PaninBank, Herwidayatmo mengatakan bahwa Panin Bank yang sudah lebih dari 50 tahun diberi kesempatan melayani masyarakat Indonesia berkeinginan untuk dapat turut berpartisipasi mendukung Pemerintah Republik Indonesia menghadapi tugas berat dibidang kesehatan, melalui donasi dana sebesar Rp300 milyar.

 

Panin Bank berharap agar dana tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai penelitian dan kolaborasi antar peneliti di Indonesia, untuk dapat menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit yang menjadi beban kesehatan masyarakat Indonesia, jelas Herwidayatmo dalam keterangan tertuisnya Kamis (20/5).

 

PaninBank dikenal sebagai Bank yang sangat aktif dalam mendukung penanggulangan masalah kesehatan dan pelestarian lingkungan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR). Di setiap kantor cabang, PaninBank menyediakan Green Officer terlatih yang siap membantu dan mengedukasi masyarakat dalam penanaman pohon trembesi.

 

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Bapak Luhut Binsar Panjaitan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya atas donasi yang diberikan oleh Panin Bank melalui Yayasan Satria Budi Dharma Setia.

 

“Bantuan yang hari ini diberikan langsung oleh Panin Bank merupakan wujud nyata kerjasama seluruh pihak untuk memperbaiki sistem kesehatan dan juga bidang-bidang penelitiannya. Sumbangan yang secara khusus diberikan untuk mempercepat teknologi dan pengetahuan genomik di Indonesia merupakan langkah maju dan hebat dari semua pihak. Pengembangan teknologi dan pengetahuan berbasis genomik tentunya berdampak besar pada pelayanan kesehatan, tidak hanya terbatas pada penyakit infeksi seperti Covid-19 nantinya.”

 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bapak Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penerapan teknologi genomik di Indonesia, tidak dapat dilakukan hanya dari sisi pemerintah, namun juga diperlukan upaya bersama dan partisipasi aktif dari setiap pemangku kepentingan terkait, termasuk di dalamnya Rumah Sakit, Universitas, Lembaga Penelitian, Industri, think tank dan Lembaga penelitian kebijakan publik.

 

”Adanya bantuan donasi yang diberikan oleh PaninBank untuk Akselerasi Teknologi dan Penegtahuan Genomik dan Kesehatan di Indonesia, diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan dan pengembangan penelitian serta pelayanan kesehatan di Indonesia.”