EmitenNews.com - Ini bagian dari dukungan terhadap usaha pemulihan ekonomi nasional setelah terkapar akibat pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Kantor Bea Cukai Denpasar Bali, di Pelabuhan Benoa, Bali, Selasa (16/8/2022), melepas 34 buah kontainer berisi barang-barang ekspor ke Vanuatu.


Kepala Kantor Bea Cukai Denpasar Puguh Wiyatno mengatakan kegiatan pelepasan ekspor perdana setelah COVID-19 tersebut merupakan bagian dukungan terhadap usaha pemulihan ekonomi nasional.


"Hari ini kita melakukan ekspor perdana setelah pandemi Covid-19 melalui PT. Bali Sourcing Cargo yakni komoditas furniture sebanyak 34 kontainer dengan tonase sebesar 312.430 KGS ke Vanuatu dengan perkiraan nilai devisa sebesar Rp2.027.644.207 atau USD 136.056," kata Puguh Wiyatno.


Puguh Wiyatno mengajak masyarakat pelaku ekspor melihat pangsa pasar dan mendorong masyarakat untuk berani mengekspor barangnya ke luar negeri.


Kegiatan ekspor barang merupakan bagian dari usaha membangkitkan ekonomi Bali di luar sektor pariwisata.


Keberhasilan ekspor tersebut tidak terlepas dari peran Bea Cukai Denpasar sebagai trade facilitator and industrial assistance. Bea Cukai Denpasar memberikan pelayanan dan pengawasan di bidang ekspor melalui program inovasi layanan yaitu .BLI KADEk" (Bimbingan dan Layanan Informasi dan Klinik Asistensi dan Dukungan Ekspor). ***