EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi memberhentikan sementara atau mensuspensi saham PT Grahaprima Suksesmandiri Tbk (GTRA) pada Senin (19/2).

Hal ini dilakukan dikarenakan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan. Maka itu dari itu, dalam rangka cooling down, BEI memandang perlu melakukan penghentian sementara saham GTRA.

Berdasarkan data BEI, pergerakan saham GTRA, emiten distributor barang FMCG di wilayah Jabodetabek ini terus melemah.

"Penghentian sementara perdagangan GTRA tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai," tulis surat yang ditandatangani Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Yulianto Aji Sadono dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A, dikutip Senin (19/2).

Bursa menambahkan, suspensi itu juga bertujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham GTRA.

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," ungkap Bursa.

Adapun pada penutupan perdagangan Jumat (16/2), saham GTRA ditutup melemah 3,85% ke level 125. Sedangkan sepanjang lima hari perdagangan terakhir, saham GTRA telah koreksi 8,09% dan dalam sebulan saham ini turun hingga 48,35%.