EmitenNews.com - PT Asia Sejahtera Mina (AGAR) tengah fokus mendukung program hilirisasi, khususnya hilirisasi rumput laut. Hilirisasi merupakan penghiliran atau pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai dengan tujuan meningkatkan nilai tambah produk. Untuk mendukung program hilirisasi itu, AGAR mengakuisisi perusahaan rumput laut pada 2022, PT Giwang Citra Laut (GCL), Takalar, Sulawesi Selatan.

Dalam siaran pers, Selasa (5/3/2024), Direktur Utama Perseroan, Indra Widyadharma menjelaskan dalam mendukung program hilirisasi pemerintah, perseroan telah mengakuisisi perusahaan rumput laut pada tahun 2022. 

Perseroan mengakuisisi PT Giwang Citra Laut (GCL) yang berada di Takalar, Sulawesi Selatan. Nantinya GCL akan mengolah dan memproduksi Semi Refine Carragenan.

Semi Refine Carragenan merupakan produk olahan, atau ekstraksi rumput laut yang berbentuk tepung, yang sangat berguna pada industri pangan, antara lain sebagai pengental, pembentuk gel hingga sebagai stabilisator makanan dan minuman. 

SRC juga sangat bermanfaat dalam bidang farmasi yaitu sebagai bahan pembungkus pil/tablet dan bahan kosmetik. SRC juga dapat dimanfaatkan pada industri tekstil maupun percetakan.

Perseroan tengah melakukan pendalaman dan perencanaan lebih lanjut dalam rangka memproduksi produk tersebut. Perseroan berharap produk SRC dapat dipasarkan ke Negara-Negara tujuan ekspor paling cepat pada Triwulan II 2024. Untuk itu harus dipastikan agar SRC yang diproduksi memiliki standar kualitas tinggi.

Indra Widyadharma berharap dengan adanya produksi SRC tersebut dapat menjadikan nilai tambah untuk Perseroan. Selain itu, produksi SRC juga menjadi bentuk nyata dukungan Perseroan kepada program hilirisasi yang tengah dijalankan Pemerintah.

"Akuisisi PT GCL yang berlokasi di Kabupaten Takalar sangat menguntungkan. Karena Takalar salah satu sentra budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan. PT GCL dapat menyerap langsung produksi petani rumput laut di Takalar dan sekitarnya," ujar Indra Widyadharma. ***