EmitenNews.com - Ini langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengembangkan keuangan berkelanjutan di pasar modal. OJK bertekad untuk mengembangkan ekosistem green bond sebagai salah satu inisiatif untuk mengembangkan keuangan berkelanjutan di pasar modal.


"Mengenai standar dan regulasi, kita akan mengembangkan ekosistem green bond ini dan mengembangkan kajian tentang assurance untuk Laporan Berkelanjutan," kata Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1B OJK, Novira Indrianingrum dalam virtual seminar LPPI, Kamis (15/9/2022).


Seperti apa pengembangan ekosistem green bond yang dilakukan OJK itu. Di antaranya seperti review POJK 60/2017, Handbook Penerbitan Green Bond, local verifier green bond. OJK juga akan mengembangkan stewardship principles atau prinsip-prinsip kepengurusan untuk mendukung pengembangan keuangan berkelanjutan di pasar modal.


Dari sisi produk, OJK akan mengembangkan Reksa Dana berkelanjutan dan bertanggung jawab. Sedangkan dari sisi infrastruktur akan dilakukan pengembangan infrastruktur pelaporan keuangan berkelanjutan.


"OJK juga sedang dalam persiapan membentuk pasar karbon atau carbon exchange yang menerapkan cap & trade," ujar Novira Indrianingrum. ***