EmitenNews.com - PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) menyampaikan bahwa perseroan menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 200 miliar pada tahun 2023. Hal itu disampaikan oleh Direktur BWPT, Henderi Djunaidi, dalam acara Public Expose, yang digelar secara virtual, Rabu (9/11/2022).

 

Henderi menjelaskan bahwa nilai daripada belanja modal yang dianggarkan pada tahun 2023, relatif sama dengan realisasi belanja modal pada tahun ini yaitu skeitar Rp 200 miliar. Adapun sumber dana belanja modal tahun depan, akan berasal dari kombinasi antara kas internal perusahaan dan pinjaman perbankan.

 

"Paling besar sumber pendanaan capex tahun depan itu dari kas internal, dan tidak menutup kemungkinan sebagiannya lagi dari perbankan nantinya," kata Henderi.

 

Lebih lanjut Henderi menjelaskan, dana tersebut nantinya akan dialokasikan sebagian untuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) baru di Kalimantan Timur yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 30 ton/jam. Selain itu, dana juga akan di fokuskan untuk memperbaiki produktifitas tanaman (sawit).

 

"Sebagian dana juga akan dipergunakan untuk peremajaan alat - alat kerja. Dan ini bagi kami merupakan momentum yang tepat untuk itu, sehingga operasional bisa lebih maksimal , efektif dan yang nanti ujung - ujungnya efisien," pungkasnya.