EmitenNews.com - PT Champ Resto Indonesia (ENAK) paruh pertama tahun ini mencatat laba bersih Rp42,9 miliar. Menajak 1032 persen dari periode sama tahun lalu dengan tabulasi laba bersih minus Rp4,6 miliar. 


Lonjakan laba bersih didorong pendapatan melesat 56 persen menjadi Rp625 miliar dibanding penjualan edisi sama tahun lalu Rp400,3 miliar. Brand Gokana dan Raa Cha masih menjadi kontributor utama pendapatan perseroan. Itu memyusul ekspansi Monsieur Spoon terus mengejar kedua brand tersebut.


Laba usaha terkumpul Rp43 miliar. Melangit 2.250 persen dari periode sama dengan koleksi Rp2 miliar. Laba kotor tercatat Rp374 miliar, surplus 52 persen dari periode sama tahun lalu Rp246 miliar. Beban pokok penjualan Rp250 miliar. Tumbuh 63 persen dari edisi sama tahun lalu Rp153 miliar. 


Beban usaha Rp330 miliar, melesat 35 persen dari periode sama tahun sebelumnya sejumlah Rp244 miliar. Total ekuitas Rp247 miliar, naik 285 persen dari periode akhir 2021 senilai Rp64 miliar. Jumlah aset Rp738 miliar, bertambah 9,9 persen dari akhir 2021 sebesar Rp671 miliar.  


Tidak dipungkiri, setelah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Februari 2022 lalu, Champ Resto berekspansi untuk pengembangan bisnis. Pemilik dan pengelola Monsieur Spoon itu, telah membuka tiga outlet Monsieur Spoon terbaru. Ketiga outlet itu, berada di Pacific Place Sudirman, Senayan City, dan Plaza Indonesia. 


Monsieur Spoon Senayan City menyediakan pilihan area indoor, semi outdoor, dan outdoor. Cocok untuk berbincang pagi maupun sore bersama kerabat. Monsieur Spoon Senayan City menyapa pelanggan sejak 30 Juni 2022 lalu. Mengusung konsep serupa dengan Monsieur Spoon Pacific Place. 


Sementara itu, Monsieur Spoon Prefere di Plaza Indonesia telah dibuka pada Kamis, 28 Juli 2022 dengan konsep lebih premium. ”Ada menu-menu berbeda dengan Monsieur Spoon lainnya. Hanya, bisa didapatkan di Monsieur Spoon Plaza Indonesia,” tutur Chief Operating Officer Champ Resto, Jumat (29/7). 


Pengembangan outlet Monsieur Spoon, bisa dikatakan masif seiring minat pelanggan akan konsep kafe instagramable khas kafe-kafe di Paris bersuasana cerah. Dipadukan dengan berbagai tanaman, dan bunga hampir seluruh sudut ruangan. Monsieur Spoon, salah satu kafe menyajikan menu dominan French Bakery atau pastry ala Prancis. Kafe kali pertama dibuka di Bali pada 2012. Didirikan dua bersaudara asal Paris. Saat ini, Monsieur Spoon fokus pada pembukaan outlet di area Jabodetabek. Kemudian menyisir kota-kota besar seluruh Indonesia. ”Itu kami lakukan agar terjangkau penggemar Monsieur Spoon,” katanya. (*)