EmitenNews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) secara resmi mengumumkan pemanggilan untuk Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun 2024. 

Mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), rapat tersebut akan diselenggarakan pada 3 April 2024 pukul 14.00 WIB di Graha CIMB Niaga.

Adapun nantinya RUPST tersebut memiliki 14 mata acara yang akan dibahas, di antaranya adalah penetapan penggunaan laba CIMB Niaga untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

CIMB Niaga akan mengusulkan penggunaan laba bersih untuk beberapa hal, seperti untuk pembagian dividen tunai final, dan memberikan kewenangan kepada Direksi untuk menetapkan jadwal pembayaran dividen beserta tata cara pembayaran dividen sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun BNGA telah mencatatkan laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik secara konsolidasi sebesar Rp6,47 triliun. Raupan laba tersebut naik 28,41% secara tahunan (yoy) dari setahun sebelumnya yang sebesar Rp5,04 triliun.

Sebagai informasi, BNGA merupakan salah satu saham yang dimiliki oleh Lo Kheng Hong. Dia tercatat sebagai 20 pemegang saham terbesar CIMB Niaga.

Berikut ini adalah 14 Mata Acara RUPST BNGA pada April mendatang:

  1. Persetujuan atas Laporan Tahunan dan Pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku yang Berakhir pada Tanggal 31 Desember 2023. 
  2. Penetapan Penggunaan Laba Perseroan untuk Tahun Buku yang Berakhir pada Tanggal 31 Desember 2023. 
  3. Penunjukan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik untuk Tahun Buku 2024 dan Penetapan Honorarium serta Persyaratan Lain berkenaan dengan Penunjukan tersebut. 
  4. Pengangkatan Kembali Glenn Muhammad Surya Yusuf sebagai Wakil Presiden Komisaris (Independen) Perseroan.  
  5. Pengangkatan Kembali Dato’ Abdul Rahman Ahmad sebagai Komisaris Perseroan. 
  6. Pengangkatan Kembali Fransiska Oei sebagai Direktur merangkap Direktur Kepatuhan Perseroan.  
  7. Pengangkatan Kembali Pandji P. Djajanegara sebagai Direktur Perseroan  
  8. Pengangkatan Kembali Tjioe Mei Tjuen sebagai Direktur Perseroan. 
  9. Persetujuan Perubahan Susunan Dewan Komisaris Perseroan dengan mengangkat Dody Budi Waluyo sebagai Komisaris Independen Perseroan. 
  10. Penetapan Besarnya Gaji atau Honorarium, dan Tunjangan Lain bagi Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah, serta Gaji, Tunjangan dan Tantiem/Bonus bagi Direksi Perseroan 
  11. Persetujuan Atas Pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan. 
  12. Persetujuan Pembelian Kembali Saham Perseroan dan Rencana Pengalihannya. 
  13. Perubahan Anggaran Dasar Perseroan. 
  14. Lain-lain (mata acara ini tidak memerlukan persetujuan Rapat):  Laporan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (“RAKB”) Perseroan, laporan tentang Perubahan Anggota Komite Audit Perseroan, laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hasil:  -  Obligasi Berkelanjutan II Bank CIMB Niaga Tahap IV Tahun 2018 Seri C;  - Obligasi Subordinasi III Bank CIMB Niaga Tahun 2018 Seri A  - Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank CIMB Niaga Tahap III Tahun 2020 Seri B, laporan Realisasi Pengalihan Pembelian Kembali Saham Perseroan.