EmitenNews.com - Tidak ada Partai Bulan Bintang (PBB) dalam deklarasi empat partai yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Minggu (13/8/2023), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN), menyatakan dukungannya kepada ketua umum Partai Gerindra itu, maju dalam Pilpres 2024. Acara diakhiri penandatanganan piagam kerja sama politik dari pimpinan empat partai parlemen itu, sebagai bentuk dukungan terhadap Prabowo. Ke mana PBB?

 

Kepada pers, Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra menyatakan bisa memahami kondisi yang ada. Sebagai partai pertama yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto, ia bisa menerima deklarasi empat partai itu, meski PBB tidak terlihat di acara yang dihelat di Gedung Perumusan Naskah Proklamasi tersebut.

 

PBB merupakan partai pertama yang mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal calon presiden (Bacapres). Pernyataan dukungan yang dihadiri langsung oleh Prabowo Subianto itu,, berlangsung di PBB, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

 

Nah, PBB tidak hadir dalam deklarasi oleh Gerindra, PKB, Golkar dan PAN, karena sudah mendeklarasikan lebih dahulu. Karena itu, kata Yusril, dalam deklarasi empat partai itu, PBB tidak dilibatkan lagi. “Kami memahami sepenuhnya hal itu."

 

Bagusnya, Yusril menjelaskan bahwa PBB tetap merupakan bagian dari koalisi yang mencalonkan Prabowo Subianto untuk bertarung dalam Pilpres 2024.

 

Sementara itu, kepada pers, Minggu, Sekjen PBB Afriansyah Noor menyatakan, meski partainya tidak tampak dalam deklarasi dukungan empat partai itu, tetapi sudah diberitahu akan adanya acara deklarasi dukungan dari partai yang memiliki kursi di DPR tersebut. Karena itu, PBB tidak memiliki wakil di DPR, sehingga tidak diundang dalam acara Gerindra, PKB, Golkar dan PAN tersebut.

 

“Acara itu dari partai yang ada fraksi di DPR, bagian daripada Kabinet Indonesia Maju, PKB, Gerindra, Golkar, dan PAN. PBB bukan bagian dari partai di DPR RI. Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN merupakan partai yang memiliki kursi di DPR RI,” urai Wakil Menteri Tenaga Kerja itu.

 

Satu hal, tambahan kekuatan dari Golkar dan PAN tersebut dipastikan menjadi semangat baru bagi poros pendukung Prabowo. Dengan begitu, Afriansyah Noor meyakini Prabowo bakal memenangi Pemilu 2024.

 

"Setelah PBB bergabung dan alhamdulillah PAN dan Golkar pun ikut bergabung. Jadi ini luar biasa, semakin yakinlah kami bahwa Pak Prabowo akan memenangkan pertarungan menjadi calon presiden di 2024," kata Afriansyah Noor. ***