EmitenNews.com - Sejumlah entitas usaha Sarana Menara (TOWR) mendapat fasilitas senilai USD60 juta. Pinjaman bergulir itu, setara Rp862,38 miliar dengan asumsi kurs tengah Bank Indonesia (BI) Rp14.373 per USD. Pinjaman bergulir tersebut didapat dari Bank of China (Hong Kong) Ltd (BOCHK). 


Entitas usaha Sarana Menara meliputi PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), PT Iforte Solusi Infotek (Iforte), dan Solusi Tunas Pratama (SUPR). ”Transaksi telah diteken pada Senin, 28 Februari 2022,” tutur Irfan Ghazali, Corporate Secretary Sarana Menara Nusantara, Rabu (2/3).


Transaksi termasuk afiliasi. Yaitu transaksi pemberian jaminan perusahaan oleh Iforte, dan Solusi Tunas Pratama. Berdasar perjanjian jaminan itu, Iforte dan Solusi Tunas akan menjamin kewajiban dari Protelindo sehubungan dengan fasilitas. Penanggungan perusahaan diatur, dan tunduk pada hukum Republik Indonesia, dan hukum Inggris.


Struktur pemberian pinjaman dengan konsep pemberian pertanggungan oleh Iforte, Solusi Tunas akan memungkinkan Protelindo memperoleh pembiayaan dengan syarat, dan kondisi lebih baik. Hal mana, tidak dapat dicapai apabila Forte, dan Solusi Tunas bukan pihak terafiliasi.


Pemberian fasilitas itu, diharap dapat menunjang kegiatan usaha Protelindo yang secara konsolidasi akan berdampak positif terhadap perseroan. ”Tujuan transaksi untuk mendukung kebutuhan umum Protelindo,” tegas Irfan. (*)