EmitenNews.com -PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) akan melanjutkan ekspansi dengan membangun 500 gerai baru pada tahun ini, dengan alokasi belanja modal lebih dari Rp 700 miliar. Perseroan juga akan membagikan dividen sebesar Rp 19 per saham atau setara dengan Rp 299 miliar.

 

Direktur Erajaya Swasembada, Sim Chee Ping menyatakan, perseroan berencana membuka 500 gerai baru di tahun ini melalui berbagai lini bisnis seperti Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Beauty dan Wellness, serta Erajaya Food dan Nourishment.

 

"Kami menganggarkan lebih dari Rp 700 miliar untuk tahun 2023. Penggunaannya akan selalu kami review," jelasnya dalam paparan publik secara virtual, Jumat (30/6/2023).

 

Wakil Direktur Erajaya, Hasan Aula menambahkan, ekspansi gerai juga akan dilakukan di daerah-daerah yang memiliki potensi bagi perseroan. ERAA biasanya melakukan ekspansi gerai di pusat perbelanjaan.

 

"Selain pengembangan gerai, kami juga terus mengembangkan secara online karena perilaku konsumen yang aktif," ujarnya.

 

Dalam hal produk, perseroan terus menyediakan produk terbaru yang sesuai dengan permintaan pelanggan, termasuk dalam pembukaan gerai baru. Perseroan memiliki portofolio merek ternama yang hampir lengkap. Selain itu, perseroan juga mengembangkan produk sendiri bernama Immersive Tech atau IT, yang merupakan private label Erajaya yang fokus pada aksesoris Internet of Things (IoT) dan smart home. 

 

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Erajaya juga membagikan dividen sebesar Rp 19 per saham atau setara dengan Rp 299 miliar. Dividen tersebut berasal dari 30% laba bersih tahun 2022 sebesar Rp 1,01 triliun. Sementara itu, penjualan bersih perseroan tercatat sebesar Rp 49,47 triliun, meningkat 13,82% dari periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 43,46 triliun.

 

"Sisa dividen akan digunakan oleh perseroan untuk pengembangan bisnis dan cadangan bisnis," jelas Hasan.

 

Pertumbuhan Erajaya Swasembada selama tahun 2022 dicapai berkat pembukaan 600 gerai baru sepanjang tahun tersebut. Hasan mengatakan pertumbuhan penjualan sejalan dengan penambahan gerai dan jaringan omnichannel yang dilakukan perseroan sepanjang tahun 2022. Hingga 31 Desember 2022, Erajaya memiliki 1.682 gerai yang didukung oleh 89 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 66 ribu reseller di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.