EmitenNews.com - Sukses membekuk tim juara bertahan Vietnam, tim Thailand melaju ke final Piala AFF 2020. Tim Gajah Perang itu ditunggu Timnas Indonesia yang lebih dahulu memastikan tiket final ajang yang awalnya bernama Piala Tiger itu. Laga akan berlangsung dalam dua leg, di Stadion Nasional Singapura, negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Pemain Thailand memuji Squad Garuda sebagai tim berbahaya, yang memiliki pergerakan cepat dalam menyerang.


Pertandingan final Piala AFF 2020 ini, dipastikan bakal seru. Kedua tim, timnas Indonesia, dan Thailand, sama-sama memiliki motivasi kuat untuk memenangkan kejuaraan bergengsi di tingkat Asia Tenggara itu. Timnas Indonesia sudah enam kali memasuki partai puncak, tanpa berbuah kemenangan. Asnawi Mangkualam dkk bertekad bulat menaklukkan Thailand untuk menghapus ‘kutukan’ final Piala AFF (Piala Tiger) tanpa kemenangan.


Sementara itu, Thailand termotivasi menaklukkan timnas Indonesia untuk menambah koleksi piala AFF. Sejarah mencatat tim Gajah Perang ini adalah pasukan yang tersukses dalam penyelenggaraan Piala AFF atau Piala Tiger dengan mengoleksi lima trofi juara.


Sejauh ini, Timnas Indonesia tercatat sudah tiga kali bertemu Thailand di final Piala AFF. Sayangnya, hasilnya mengecewakan. Tim Merah-Putih selalu menelan kekalahan. Itu terjadi pada final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016. Asnawi Mangkubumi Cs, pastilah bakal mati-matian dalam laga yang bakal digelar pada Rabu (29/12/2021), dan Sabtu (1/1/2022).


Menariknya, menjelang laga panas final Piala AFF 2020 ini, pemain Thailand, Phitiwat Sukjitthammakul, memuji timnas Indonesia. Pujian itu diberikan dalam konferensi pers usai laga melawan Vietnam, Minggu (26/12/2021) malam. Phitiwat Sukjitthammakul memperhitungkan kekuatan Tim Garuda yang dinilai memiliki serangan kuat dan merupakan tim berbahaya. 


"Indonesia adalah tim yang sangat berbahaya dan kuat secara ofensif. Namun, kami memiliki pertahanan bagus. Kami bisa bertahan dengan baik sebagai tim. Tentu saja di final kami akan mengikuti instruksi pelatih dan percaya diri bisa menampilkan permainan yang bagus," tutur Phitiwat Sukjitthammakul.


Kita tahu, Thailand melaju ke final setelah mengalahkan Vietnam pada semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Minggu (26/12/2021) malam WIB. Pertandingan Minggu malam itu, memang hanya berakhir imbang 0-0 melawan sang juara bertahan Vietnam pada leg kedua semifinal. Namun, Thailand sukses meraih tiket final berkat kemenangan  2-0 pada leg pertama yang digelar Kamis (23/12/2021). 


Final Piala AFF 2020, yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Thailand digelar dengan sistem dua leg. Seperti pada laga sebelumnya, itu berarti timnas Indonesia dan Thailand akan melakoni dua pertandingan untuk memperebutkan gelar Piala AFF 2020.


Dua leg final Piala AFF 2020 tetap akan berlangsung di Singapura selaku negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Sama seperti semifinal, partai puncak Piala AFF 2020 ini tidak akan memberlakukan aturan gol tandang meski digelar dengan sistem dua leg. Jadi, partai final akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau extra time jika agregat masih berimbang hingga waktu normal pada leg kedua usai.


Bila agregat juga masih sama kuat hingga akhir extra time, kedua tim harus melakoni adu penalti untuk menentukan juara. Aturan tersebut tertulis dalam pasal 15.4.1 dan 15.4.2 regulasi Piala AFF 2020. ***