IDXINDUST

 0.07%

IDXINFRA

 -0.38%

MNC36

 -1.00%

IDXCYCLIC

 -0.36%

IDXSMC-LIQ

 -0.56%

IDXHEALTH

 -0.38%

IDXTRANS

 0.55%

IDXENERGY

 0.13%

IDXMESBUMN

 -0.79%

IDXQ30

 -0.84%

IDXFINANCE

 -0.59%

INFOBANK15

 -0.85%

I-GRADE

 -1.12%

COMPOSITE

 -0.71%

IDXTECHNO

 -1.79%

IDXV30

 -0.36%

ESGQKEHATI

 -1.02%

IDXNONCYC

 -0.62%

Investor33

 -0.88%

IDXSMC-COM

 -0.50%

IDXESGL

 -1.16%

IDXBASIC

 -0.89%

DBX

 -0.11%

IDX30

 -0.98%

IDXG30

 -0.78%

KOMPAS100

 -0.80%

ESGSKEHATI

 -0.96%

PEFINDO25

 -0.80%

MBX

 -0.83%

BISNIS-27

 -1.05%

ISSI

 -0.66%

IDXPROPERT

 -0.02%

LQ45

 -0.93%

IDXBUMN20

 -0.92%

IDXHIDIV20

 -0.73%

JII

 -0.90%

IDX80

 -0.84%

JII70

 -0.79%

SRI-KEHATI

 -0.89%

SMinfra18

 -0.52%

KISI
victoria sekuritas

Fitch Afirmasi Peringkat Nasional Bank BJB Indonesia di 'A+(idn)' Outlook Stabil

25/11/2021, 20:30 WIB

Fitch Afirmasi Peringkat Nasional Bank BJB Indonesia di 'A+(idn)' Outlook Stabil

EmitenNews.com -  Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) di 'A+(idn)'. Outlooknya Stabil. Peringkat Nasional 'A(idn)' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

 

Peringkat Nasional Bank BJB didorong oleh dukungan dan mencerminkan pandangan Fitch tentang kemungkinan moderat bahwa bank akan menerima dukungan luar biasa dari pemerintah pusat, jika diperlukan. Penilaian Fitch didasarkan pada kepentingan sistemik Bank BJB sebagai bank pembangunan daerah terbesar di Indonesia dan bank umum terbesar ke-13, dengan pangsa pasar sekitar 1,5% dari aset industri perbankan pada akhir Juni 2021.

 

Pandangan kami tentang kecenderungan pemerintah pusat untuk mendukung Bank BJB mencerminkan peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi pasar dalam negeri Jawa Barat dan Banten, dua provinsi dengan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Hal ini juga mencerminkan keyakinan Fitch bahwa bank tersebut penting bagi pemerintah provinsi dan daerah Jawa Barat dan Banten, yang bersama-sama memiliki sekitar 75% dari bank, dan kemungkinan bail-in yang sangat terbatas oleh kreditur senior mengingat struktur kewajiban bank yang didominasi oleh entitas terkait pemerintah.

 

Penilaian Fitch mengandalkan kedaulatan sebagai sumber utama dukungan luar biasa, meskipun kami yakin Bank BJB akan terus menerima dukungan modal dari pemegang saham langsung untuk mempertahankan pertumbuhan kredit. Bank telah menerima persetujuan dari pemegang saham pengendali untuk menerbitkan modal baru tahun depan. Rasio ekuitas umum terkonsolidasi Tier 1 turun menjadi 13,9% pada akhir September 2021 (akhir 2020: 14,0%).

 

Profil kredit standalone Bank BJB tidak mendorong peringkatnya karena kami menilai profil support-driven Bank BJB sedikit lebih kuat. Penilaian Fitch terhadap kekuatan kredit intrinsik Bank BJB mencerminkan profil bisnis bank yang moderat dan kualitas aset serta profil pendapatan & profitabilitas yang memadai, dengan yang terakhir didukung oleh eksposur bank yang besar di segmen pinjaman pegawai negeri sipil dan pensiunan yang berisiko rendah. Ini diimbangi oleh profil risiko yang lebih lemah daripada rekan-rekan, kapitalisasi yang jauh di bawah industri, dan profil pendanaan yang mencerminkan campuran pendanaan yang kurang terdiversifikasi.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif: Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank BJB akan timbul dari melemahnya profil kredit secara keseluruhan dibandingkan dengan seluruh entitas yang diperingkat pada skala peringkat nasional Indonesia. Hal ini kemungkinan besar berasal dari penurunan kecenderungan pemerintah pusat untuk mendukung bank, yang mungkin diakibatkan oleh penurunan berkelanjutan dalam pangsa pasar bank di pasar dalam negeri, sehingga kami percaya bahwa bank tidak lagi penting untuk pasar ini, atau pengurangan secara material kepemilikan pemerintah daerah pada Bank BJB.

 

Peringkat juga dapat terpengaruh secara negatif jika kami mengubah pendekatan kami dalam penentuan Peringkat Nasional untuk entitas yang didukung oleh perusahaan induk atau negara berperingkat lebih tinggi. Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif:

 

Peningkatan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank BJB akan muncul dari kemampuan pemerintah pusat yang lebih besar untuk memberikan dukungan, yang dapat berasal dari peningkatan yang signifikan dalam fleksibilitas keuangan negara untuk tingkat peringkatnya, meskipun kami tidak mengharapkan hal ini terjadi pada tahun-tahun mendatang. masa depan yang dekat.

 

Revisi ke atas yang material dalam penilaian kami terhadap profil kredit intrinsik BJB, ke titik yang menggantikan dukungan pemerintah sebagai pendorong peringkat, juga akan mengarah pada peningkatan peringkat. Hal ini dapat dipimpin oleh revisi positif dalam persepsi kami tentang lingkungan operasi sektor perbankan, ditambah dengan perbaikan berkelanjutan dalam metrik keuangan bank, khususnya permodalan. Namun, kami tidak melihat ini sebagai prospek jangka pendek.


Author: Rizki