EmitenNews.com—Harga sukuk dan obligasi yang paling sebanding terus berkorelasi tinggi pada tahun 2022 meskipun volatilitas pasar seperti kenaikan suku bunga dan tantangan geopolitik, kata Fitch Ratings. 

 

Namun, ada kasus harga obligasi jatuh lebih dari sukuk sejenis. Hal ini dikarenakan sukuk kurang likuid dibandingkan obligasi pada umumnya, karena sifat beli-dan-tahan sebagian besar investor sukuk, yang sebagian besar adalah bank syariah. Kami perkirakan tren ini akan berlanjut di tahun 2023. Namun, profil likuiditas sebagian besar bank syariah di GCC umumnya tetap utuh.

 

Fitch menganalisis harga 40 sukuk dan obligasi serupa yang diterbitkan oleh obligor yang sama dari GCC, Malaysia, Indonesia, dan Turkiye. Selama kondisi pasar normal, yield-to-maturity mereka berkorelasi kuat. Misalnya, antara tahun 2018 dan 2022, sukuk dan obligasi yang sebanding memiliki korelasi harga rata-rata 0,9.

 

Di balik kenaikan suku bunga pada tahun 2022, indeks sukuk yang dianalisis oleh Fitch turun 6,4% sepanjang tahun. Namun, itu mengungguli Indeks Obligasi Pasar Berkembang yang luas, yang turun 15,7%. Kinerja sukuk yang lebih baik juga didukung oleh bobot eksportir minyak yang lebih tinggi dalam indeks sukuk.

 

Sejumlah besar sukuk diterbitkan pada Januari dan Februari 2023, termasuk oleh Mesir, Dubai Islamic Bank, First Abu Dhabi Bank, dan Emirates Islamic, dengan jalur penerbitan yang semakin meningkat. Pada tahun 2022, penerbitan sukuk dari pasar inti GCC, Malaysia, Indonesia, Turkiye, dan Pakistan (termasuk multilateral) turun 7,9% menjadi USD244,3 miliar. Hal ini disebabkan harga minyak yang lebih tinggi, kenaikan suku bunga dan driver geopolitik. Namun, itu melampaui penerbitan obligasi di pasar inti, yang turun 22,1%.

 

Sebagian besar sukuk dengan peringkat Fitch terus menjadi peringkat investasi di 78,1%, dengan 20,6% emiten memiliki Outlook Positif, dan 69,9% memiliki Outlook Stabil pada akhir tahun 2022.

 

Sukuk juga merupakan bagian penting dari penerbitan surat utang negara berkembang (tidak termasuk Tiongkok), dengan pangsa mencapai 6,5% (2021: 6,6%). Yurisdiksi penerbit sukuk utama adalah pasar negara berkembang yang cukup besar, dengan obligasi dan sukuk mereka membentuk 20% dari semua penerbitan pasar negara berkembang (tidak termasuk China) pada tahun 2022.

 

Sebagian besar sukuk dengan peringkat Fitch terus menjadi kewajiban tanpa jaminan senior dari penerbit, dan berperingkat pari passu dengan kewajiban tanpa jaminan senior lainnya, termasuk obligasi. Namun, tidak seperti obligasi konvensional, sebagian besar sukuk dengan peringkat Fitch yang diterbitkan pada tahun 2021–2022 memiliki tambahan klausul 'tangibility event' dalam dokumen yang terkait dengan kepatuhan terhadap standar syariah AAOIFI yang menambah kompleksitas produk. Investor sukuk mungkin memiliki keuntungan dibandingkan investor obligasi dalam hak mereka untuk menggunakan opsi jual setelah peristiwa berwujud. Namun, ini masih belum teruji dalam praktiknya. Ada ketidakpastian tentang perubahan masa depan dalam dokumentasi sukuk .