Dukungan Ekspektasi Dipertahankan : Fitch percaya bahwa Mitsui, salah satu grup korporasi terbesar di Jepang, mempertahankan kemampuan dan kecenderungan untuk mendukung investasinya di Indonesia. Kami yakin Mitsui memiliki profil kredit yang lebih kuat daripada BAF, dan dukungan apa pun yang diperlukan tidak penting bagi Mitsui mengingat ukuran BAF yang relatif kecil dibandingkan konglomerat Jepang. Total aset dan ekuitas BAF masing-masing hanya terdiri dari 0,8% dan 0,3% dari aset dan ekuitas konsolidasi Mitsui pada akhir tahun 2022.

 

Kami juga berharap Mitsui tetap termotivasi untuk mendukung BAF karena hubungan finansial mereka bahkan setelah penjualan apa pun ke JAML. Hal ini mempertimbangkan kepemilikannya, yang akan tetap tinggi dengan 45% saham langsung di BAF dan 53% saham pasca-penjualan ekonomi proporsional, dan komitmen hukum untuk menjamin sebagian dari fasilitas pinjaman bank BAF. Mitsui menjamin sekitar 55% dari fasilitas bank pada akhir semester pertama 2023 dan kami berharap konglomerat Jepang tersebut akan memberikan kontribusi mayoritas dari setiap jaminan pinjaman di bawah struktur kepemilikan saham yang baru.

 

Kekuatan Mandiri Sedang: Kekuatan mandiri BAF tidak secara langsung mendorong Peringkat Nasional Jangka Panjangnya, tetapi mencerminkan pandangan kami tentang waralaba moderat (3% dari piutang sistem pada akhir 2022) dan profil keuangan. Pembiayaan bermasalah BAF tetap di atas rata-rata industri terutama karena selera risiko yang lebih tinggi, dengan pembiayaan terkonsentrasi pada sepeda motor dan segmen pembiayaan berisiko tinggi lainnya. Leverage-nya telah menurun dari level tertinggi 7,0x dalam pandemi Covid-19, sementara profitabilitasnya meningkat berkat pertumbuhan pembiayaan dan langkah-langkah pemotongan biaya.

 

SENSITIVITAS PERINGKAT

Faktor-Faktor yang Dapat, Secara Individual atau Bersama-sama, Menyebabkan Tindakan Peringkat Negatif/Penurunan Peringkat. Peringkat tersebut peka terhadap pandangan Fitch terhadap profil kredit Mitsui dan kemampuan serta kecenderungan untuk memberikan dukungan luar biasa kepada BAF, jika diperlukan. Setiap penurunan yang signifikan dalam profil kredit Mitsui akan memberi tekanan pada peringkat yang didorong oleh dukungan BAF.

 

Kami akan menyelesaikan RWN setelah transaksi selesai dan setelah mendapatkan kejelasan yang lebih baik tentang peran Mitsui dalam dukungan keuangan BAF di masa mendatang. Kami dapat mengambil tindakan pemeringkatan negatif jika kami melihat penurunan bertahap dalam peran Mitsui dan hubungan BAF dengan Mitsui menunjukkan beberapa pelemahan dalam tingkat dukungan untuk BAF. Ini akan mempertimbangkan pandangan Mitsui tentang BAF dalam keseluruhan kepentingan bisnisnya, termasuk kepentingan afiliasinya di JAML.

 

Tanda-tanda hubungan yang melemah yang ditunjukkan oleh pengurangan lebih lanjut dalam kepemilikan saham Mitsui, jaminan pinjaman bank, atau perwakilan dewan dan manajemen juga dapat menyebabkan ekspektasi dukungan yang lebih rendah. Pengenalan pemegang saham signifikan lainnya dengan kekuatan keuangan dan motivasi yang cukup untuk mendukung BAF pada saat dibutuhkan dapat mengarah pada penilaian ulang kerangka dukungan BAF.

 

Dalam skenario yang ekstrim, kami dapat menilai BAF dengan pendekatan mandiri tanpa manfaat dari dukungan pemegang saham potensial yang luar biasa jika kami percaya bahwa dukungan tersebut tidak lagi dapat diandalkan. Hal ini kemungkinan akan menghasilkan penurunan peringkat multi-notch mengingat profil mandiri BAF yang moderat, yang dapat memburuk jika kehilangan hubungannya dengan Mitsui.

 

Kami juga dapat mengambil tindakan pemeringkatan negatif jika kinerja BAF terus-menerus buruk, karena kami percaya situasi seperti itu dapat mengurangi motivasi pemegang saham untuk mempertahankan investasi mereka di BAF.