EmitenNews.com—Ini adalah koreksi dari siaran pers yang diterbitkan pada 8 November 2022. Ini mengoreksi sifat wesel yang jatuh tempo pada tahun 2027 menjadi wesel senior tanpa jaminan di paragraf pertama dan mengklarifikasi jaminan atas catatan 2023 di paragraf kedua.


Fitch Ratings telah menurunkan peringkat Issuer Default Rating (IDR) PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menjadi 'C', dari 'CC', menyusul pengumuman penawaran perusahaan pada 8 November untuk menukar sebagian besar surat utang senior tanpa jaminan yang jatuh tempo Oktober 2023 untuk senior unsecured notes jatuh tempo 2027. Pada saat yang sama, Fitch telah menurunkan senior unsecured notes USD300 juta jatuh tempo 5 Oktober 2023 menjadi 'C' dari 'CC', dengan Recovery Rating 'RR4'.


Surat utang 2023 diterbitkan oleh anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Jababeka International BV, dan dijamin oleh KIJA dan anak perusahaan tertentu. Fitch Ratings Indonesia juga telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang KIJA menjadi 'C(idn)' dari 'CC(idn)'.


Penurunan peringkat mencerminkan pandangan Fitch bahwa pertukaran yang diusulkan merupakan pertukaran utang yang tertekan (DDE), karena menghasilkan pengurangan material dalam hal investor, dan kami yakin transaksi dilakukan untuk menghindari default pada catatan Oktober 2023. Sebelum menyelesaikan penawaran pertukaran, KIJA akan memiliki opsi yang sangat terbatas untuk membayar kembali surat utang tersebut, karena sentimen investor yang lemah terhadap utang hasil tinggi pasar negara berkembang.


Jika DDE selesai, Fitch akan menurunkan peringkat IDR KIJA menjadi 'Restricted Default' (RD), dan menilai kembali peringkat sesuai dengan struktur permodalan pasca-bursa. Jika bursa tidak berhasil, peringkat KIJA akan dinilai kembali untuk mencerminkan risiko likuiditas jangka pendek yang meningkat.


Peringkat Nasional 'C' menunjukkan default atau proses seperti default telah dimulai, atau emiten terhenti, atau untuk instrumen pendanaan tertutup, kapasitas pembayaran terganggu secara permanen.


Exchange Offer Merupakan DDE : Transaksi ini bermaksud untuk menukarkan nilai nominal dari setidaknya 90% dari obligasi KIJA yang jatuh tempo Oktober 2023 menjadi 30% uang tunai dan 70% surat utang tanpa jaminan yang jatuh tempo pada tahun 2027, dengan kisaran peningkatan kupon dari 7%-9% dengan peningkatan tahunan sebesar 50bp, dibandingkan dengan kupon tunai tetap untuk catatan saat ini. Kami yakin amandemen ini, yang telah digabungkan dengan permintaan persetujuan untuk menghapus perjanjian yang membatasi pada catatan yang tersisa, merupakan pengurangan persyaratan yang material.


Exchange to Avoid Default : Kami percaya kemampuan KIJA untuk meningkatkan pembiayaan baru telah melemah secara signifikan di tengah sentimen investor yang memburuk untuk utang pasar negara berkembang, karena prospek pertumbuhan global melambat karena inflasi yang terus-menerus tinggi dan kenaikan suku bunga.


Rencana pembiayaan kembali sebelumnya termasuk mengumpulkan USD100 juta dari bank domestik, dan sisanya melalui penerbitan baru di pasar obligasi lintas batas. KIJA telah mendapatkan pinjaman bank sebesar USD100 juta dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BBB-/AA+(idn)/Stabil), yang diusulkan untuk digunakan untuk membayar di muka dengan nilai yang setara dengan penerbitan surat utang lama. Namun, prospek meningkatkan saldo melalui penerbitan obligasi telah berkurang - karena akses pasar yang lemah - dengan perdagangan pasar sekunder menyiratkan pembayaran bunga yang tidak dapat dilakukan untuk setiap penerbitan baru.


Prapenjualan Menjadi Sedang: Kami memperkirakan prapenjualan, tidak termasuk usaha patungan KIJA - PT Kawasan Industri Kendal - akan turun 5% pada tahun 2023 menjadi sekitar Rp1 triliun, karena pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di tengah kenaikan inflasi dan suku bunga. Presales akan meningkat menjadi Rp1,1 triliun pada 2022, dari Rp994 miliar pada 2021, terkait pembukaan kembali perbatasan internasional setelah pandemi Covid-19. Ini memfasilitasi normalisasi pengunjung asing dan membangun momentum untuk investasi asing langsung.


Kami memperkirakan penjualan lahan industri akan menjadi mayoritas dari prapenjualan dalam dua tahun ke depan, dengan rumah yang terjangkau dan kavling lahan komersial menjadi keseimbangan.


ESG - Tata Kelola: Perusahaan belum sepenuhnya mengatasi kekhawatiran pasar terhadap jatuh tempo utang di tengah terbatasnya akses ke modal, yang berdampak negatif pada profil kredit, dan relevan dengan peringkat terkait dengan faktor lainnya


IDR Jangka Panjang KIJA di 'C', peringkat 'C' pada surat utang tanpa jaminannya, dan Peringkat Nasional Jangka Panjang di 'C(idn)' mencerminkan penawaran pertukaran yang diumumkan perusahaan pada surat utang tanpa jaminannya yang beredar, yang menurut Fitch merupakan DDE.