EmitenNews.com—PT Acset Indonusa Tbk (ACST) optimis tahun ini nilai new order book akan lebih baik dari tahun sebelumnya, terlihat dari bagaimana pencapaian aktual hingga saat ini. Nilai new order book ini lebih baik dari tahun lalu penting kami gapai untuk mencapai revenue yang lebih baik di tahun depan.


Idot Supriadi Presiden Direktur ACST dalam keterangannya belum lama ini mengatakan, untuk realisasi kontrak baru ACSET hingga periode 31 Agustus 2022 telah mencapai Rp1,1 triliun. Untuk kontribusi dari masing-masing segmen: fondasi berkontribusi sebesar 17%; struktur sebesar 26%; sedangkan infrastruktur berkontribusi hingga 57%. 


Beberapa kontrak yang nilainya cukup besar antara lain penambahan lajur tol Tangerang - Merak dengan panjang sekitar 12 km, kemudian juga ada pembangunan beberapa fasilitas yang kita dapat dari value chain dengan ASTRA yaitu untuk fasilitas pembangunan pabrik di Astra Daihatsu Motor dan Astra Honda Motor.


Jika berkaca pada pencapaian semester pertama, kami berharap dapat menutup tahun 2022 dengan performance yang lebih baik. Tentunya ini didukung oleh inisiatif-inisiatif internal yang dilakukan manajemen, seperti kita masih terus aktif mencari proyek-proyek baru di sektor fondasi, infrastruktur dan struktur. Kita berharap performance ACSET di tahun ini bisa ditutup lebih baik daripada tahun lalu.


Anggaran capex Perseroan tahun ini sebenarnya tidak terlalu besar, target kita dalam setahun Rp60 miliar, adapun realisasi capex sampai tengah tahun baru sebesar Rp0,4 miliar. Sebagian besar capex ini kita persiapkan untuk pembelian alat-alat di proyek atau membantu proyek di lapangan. Selain itu realisasi ini juga tergantung dari proyek-proyek yang kita kerjakan.


Tentunya sebagai perusahaan terbuka, Perseroan ingin melakukan pembagian dividen interim saat performance telah menunjukkan perbaikan. Hingga saat ini, kami berfokus pada perbaikan berkelanjutan agar mendapat performance yang lebih sustain dan memberi value added bagi seluruh pemegang saham. Jadi fokus kami saat ini adalah perbaikan performance dan melakukan improvement untuk mencapai operation excellent.