EmitenNews.com - PT Timah (TINS) menyedot dana eksplorasi sejumlah Rp39,13 miliar. Dana sebesar itu habis untuk kegiatan eksplorasi sepanjang kuartal III-2023. Di mana, fokus aktivitas eksplorasi pada komoditas timah. 


Alokasi dana itu terdiri dari biaya operasional Rp36,91 milia, dan biaya investasi Rp2,21 miliar. Kegiatan eksplorasi di Laut berupa pemboran rinci di Perairan Bangka dengan menggunakan dua unit kapal bor, dan satu unit Ponton periode Juli-Agustus 2023. Lalu, menggunakan dua kapal bor pada September 2022 dengan total meter bor 13.231 meter. 


Selanjutnya, kegiatan eksplorasi di darat meliputi survei lokasi pengeboran alluvia darat, survei topografi di Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Induk. Survei geologi di Gumbak, Penyamun Pemali, Berang, Penagan. Survei geofisika di daerah Tanjung Gunung, Penyamun, Gumbak, dan pengeboran primer di Bangka, dan batubesi dengan total meter bor 5.495 meter. 


Berikutnya, untuk rencana kegiatan eksplorasi pada kuartal IV-2023 melanjutkan kegiatan yang sudah berjalan. Kegiatan pengeboran laut menggunakan dua kapal bor, di perairan Bangka yaitu Laut Cupat Luar, Laut Tanjung Lesung, Laut Lubuk Bundar, Laut Air Kantung, dan Laut Ranggam.


Kemudian, melanjutkan kegiatan pengeboran primer di Bangka, dan Belitung. Survei geofisika ground magnetik di daerah Penyamun, Bangka, dan Gumbak, Belitung. Survei Batimetri di Laut Dante, dan Laut Permis, serta melanjutkan survei topografi Izin Usaha Pertambangan PT Timah Bangka, dan Belitung. (*)