EmitenNews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasok kebutuhan listrik PT Bumi Suksesindo (BSI). PLN akan memasok kebutuhan listrik BSI 260 MVA untuk pengembangan wilayah pertambangan di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). 


Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril memastikan akan memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, khususnya industri pertambangan. ”Kami berkomitmen terus memberi pelayanan listrik terbaik, andal, dan kompetitif,” tutur Bob. 


Saat ini, PLN juga tengah membangun infrastruktur jaringan listrik 500 kVA di Banyuwangi. Nanti akan menghubungkan sistem kelistrikan Jawa bagian Timur. Itu sebagai salah satu bukti, PLN siap mendukung pasokan listrik untuk industri. ”Kami perkuat jaringan kelistrikan seluruh Indonesia, khususnya Jawa untuk menjamin dunia Industri mengembangkan, dan meningkatkan investasi Indonesia,” imbuh Bob. 


PLN mencatat pertumbuhan konsumsi listrik juga sudah mulai membaik. Tahun ini, pemerintah menargetkan konsumsi listrik bisa tumbuh 4,5 persen. Namun, paling menggembirakan pertumbuhan konsumsi listrik sektor industri melesat 10,5 persen hingga Agustus. ”Ini sinyal positif ekonomi kembali bergeliat. Kami sebagai penyedia kelistrikan memastikan pasokan andal, dan kompetitif sektor industri,” tukas Bob. 


Saat ini, PLN punya kapasitas daya 43 GW. Di sisi lain, reserve margin masih ada sekitar 50 persen. Jawa Bali dengan pasokan listrik memadai 43 ribu, akan ada tambahan masuk sampai 2023. ”Ini memastikan kami siap menyambut para investor,” ucap Bob. 


Berlokasi di Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jatim, BSI fokus pada unit bisnis produksi emas dan tembaga di Tujuh Bukit Operations atau lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pitu. BSI mengapresiasi PLN mengamankan pasokan kelistrikan. kerja sama itu, bisa meningkatkan produktivitas, dan efisiensi. ”Suplai listrik itu, untuk kelanjutan tambang emas di Banyuwangi,” tegas Direktur Utama PT BSi Boyke P. Abidin.


Presiden Direktur Merdeka Copper Gold (MDKA) Albert Saputro holding BSI menyambut baik kerja sama tersebut. Merdeka percaya kinerja PLN mampu mendukung pengembangan bisnis pertambangan di Indonesia. Penambahan tenaga listrik itu, nanti untuk mendukung proyek tembaga Tujuh Bukit di Banyuwangi. Pengembangan proyek tembaga itu, bagian pertumbuhan Merdeka Copper menjadi perusahaan tambang mineral terdepan Indonesia. ”Kami percaya kerja sama berdampak besar, dan berkelanjutan bagi bisnis,” harap Albert. (*)