EmitenNews.com - Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri segera memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memerintahkan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri untuk memanggil Sekda Riau itu, untuk melakukan klarifikasi terkait kekayaannya. 

 

"Saya sudah minta catat saja. Saya sudah minta Irjen Mendagri memanggil yang bersangkutan melakukan klarifikasi, itu kan bisa benar bisa tidak, maka kita harus klarifikasi dulu," kata Mendagri Tito Karnavian kepada pers, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2023). 

 

Harta kekayaan Sekda Riau, SF Hariyanto, yang tercatat sebanyak Rp9,7 miliar, berkaitan dengan gaya hidup hedonisme keluarganya, seperti dipamerkan melalui media sosial. Gaya hidup istrinya, juga anaknya, yang senang flexing, memamerkan tas-tas mewah, sepatu, dan pakaian branded.

 

Sempat beredar sebuah video saat putrinya merayakan pesta ulang tahun ke-17, di hotel bintang 5 The Ritz Carlton, Jakarta. Meski mengakui adanya perayaan untuk anak pertamanya itu, tetapi ia bersikukuh kegiatan itu berlangsung di sebuah toko biasa.

 

Padahal, dalam video viral yang beredar, tampak pesta ulang tahun anak Sekda Riau itu berada di ruangan yang luas dan megah. Ada narasi yang menyatakan pesta digelar di hotel The Ritz Carlton Jakarta. Sang anak terlihat memotong kue raksasa berlapis warna kuning emas dan disambut ramai tepuk tangan para tamu. 

 

Kepada pers, Jumat (24/3/2023), Hariyanto membantah jika pesta ulang tahun anaknya digelar dengan mewah. Menurutnya, pesta tersebut digelar dengan biasa-biasa saja. Ia memastikan itu video ulang tahun anaknya yang ke-17. Sebagai orang tua, ia ingin memanjakan sang anak yang telah mencapai usia dewasa, dengan merayakannya. Perayaan ulang tahun sang anak itu, dihadiri kawan-kawannya satu sekolah. 

 

“Bukan di ruang bebas, bukan pesta, bohong itu. Itu foto anak saya 11 tahun yang lalu," kata Hariyanto. 

 

Hariyanto menyebutkan, kini ia sudah punya cucu dari anak pertamanya tersebut. "Itu sudah lama perayaan itu. Bukan baru. Saya bisa pertanggungjawabkan itu."

 

Selain itu ada pula video yang memperlihatkan SF Hariyanto menunjukkan jejeran tas milik sang istri, yang diklaimnya sebagai bukan barang-barang mewah. Tetapi, tiruan, KW yang dibeli di Mal Mangga Dua Jakarta.