EmitenNews.com - MPX Logistics International (MPXL) bakal menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan, dan RUPS luar biasa pada Selasa, 23 April 2024. RUPS tahunan, dan luar biasa akan digelar di Swissotel, PIK Jakarta Utara pukul 14.00 WIB. 

Berdasar keterangan perseroan melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), tanggal daftar pemegang saham (DPS) berhak hadir dalam RUPS (recording date) pada Kamis, 28 Maret 2024. MPX Logistics membuka opsi untuk menebar dividen tahun ini setelah pada Oktober tahun lalu membagikan dividen interim. 

Nantinya akan ada enam mata acara dalam agenda RUPS tahunan, dan satu mata acara agenda RUPSLB. Pertama, persetujuan laporan tahunan, dan laporan keuangan tahunan. Rincinya, akan terdiri dari persetujuan laporan tahunan, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan.

Tidak hanya itu, pada agenda pertama juga akan ada sekaligus pemberian pelunasan, dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi atas tindakan pengurusan perseroan, dan dewan komisaris atas tindakan pengawasan perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2023.

Kemudian, mata acara kedua mengenai persetujuan penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2023. Sesuai Pasal 70, Pasal 71, Pasal 72 UUPT, Pasal 24, dan Pasal 25 anggaran dasar perseroan, RUPS memutuskan penggunaan laba bersih, pembayaran dividen, dan penyisihan dana cadangan.

Lalu, agenda ketiga membahas persetujuan penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk tahun 2024. Keempat, persetujuan perubahan susunan dewan komisaris sesuai Pasal 14 ayat (4) anggota dewan komisaris diangkat, dan diberhentikan rapat umum pemegang saham. 

Di mana, akan ada penambahan satu komisaris baru yaitu Budi Chandra, saat ini menjabat sebagai Direktur Bolde Indonesia, Direktur Utama Bolde Inovasi Global, Bolde Makmur Indonesia. Dengan begitu, formasi dewan komisaris, dan direksi MPX Logistics periode 2024-2027 sebagai berikut. 

Yaitu, Komisaris Utama Ye Hun Ki, Komisaris Budi Chandra, Komisaris Independen Katherine Judy. Selanjutnya, agenda kelima soal penetapan remunerasi tahun 2024 bagi anggota direksi, dan dewan komisaris perseroan. Agenda keenam Persetujuan laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana.

MPX Logistics menyudahi 2023 dengan membukukan pendapatan Rp140,26 Miliar meningkat 20 persen dari edisi 2022. Laba bersih tumbuh 53 persen dibanding periode sama 2022 senilai Rp9,21 miliar. Awal Februari 2024, MPX Logistics mencatat sejumlah kontrak baru, dan lawas senilai total Rp222 miliar.

Berikutnya, MPX Logistic mengalokasikan belanja modal alias capital expenditure (capex) sejumlah Rp95 miliar. Alokasi belanja modal untuk penambahan armada baru. (*)