EmitenNews.com - Perusahaan startup yang telah menjadi emiten PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) akan membeli 60,11 persen porsi saham PT Solusi Kampus Indonesia, dengan total nilai Rp9,7 miliar.


Rencananya, RUNS akan membeli sebanyak 450 lembar saham milik para pemegang saham Solusi Kampus Indonesia, yakni; PT Gamatechno Indonesia, Awaludin Zakaria, Nanang Ruswianto, dan H. Adityo Hidayat, dengan harga keseluruhan sebesar Rp4.095.090.000,00 dan 620 lembar saham baru yang akan dikeluarkan oleh perusahaan dengan harga pengambilan bagian seluruhnya sebesar Rp5.642.124.000.


Mengutip keterangan emiten teknologi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (14/1/2022), disebutkan bahwa Perseroan dan Solusi Kampus Indonesia memiliki kegiatan usaha yang sejenis, yaitu dalam bidang jasa informasi dan komunikasi serta perdagangan piranti lunak, komputer dan perlengkapannya, namun dengan pangsa pasarnya yang berbeda.


Jelasnya, perseroan memiliki pangsa pasar pada sektor bisnis sedangkan Solusi Kampus Indonesia memiliki pangsa pasar di sektor pendidikan.


"Maka, dalam rangka menciptakan ekosistem digital link and match sektor bisnis dengan sektor pendidikan, Perseroan dan Solusi Kampus Indonesia bersinergi melalui rencana transaksi berjalan ini, guna memperluas basis pelanggan perseroan. Sehingga dapat menambah pendapatan berulang dari yang ada saat ini, menciptakan ekosistem digital baru dengan menghubungkan ekosistem bisnis dan ekosistem pendidikan serta memperluas pangsa pasar,” papar manajemen RUNS.


Ditegaskan, pembelian saham dan setoran modal itu bukan merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 42/2020, karena dilakukan dengan pihak ketiga yang tidak terafiliasi dengan perseroan.