EmitenNews.com - Gudang peluru milik Kodam Jaya, di Cikiwul, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat terbakar dan meledak pada Sabtu (30/3/2024) malam. Terdengar ledakan keras, saat kebakaran melanda. Petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api.

Kebakaran terjadi di perbatasan Ciangsana Gunung Putri, Kabupaten Bogor dengan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Saat ini, kebakaran dan ledakan masih terjadi di sekitar lokasi gudang tersebut. 

Kepada pers, Komandan Regu Damkar Gunung Putri, Bogor, Abdul Wafi mengungkapkan sudah mengetahui ada musibah itu. Sayangnya, pihaknya kesulitan mendekat karenakan berbahaya.

Meski sementara sudah mengerahkan dua unit mobil pemadam, yang bisa dilakukan tim Damkar, fokus mengimbau warga untuk tidak mendekat lokasi kebakaran. Pasalnya, masih banyak ledakan dari kebakaran gudang itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengungkapkan, petugas belum dapat mendekati gudang amunisi milik Kodam Jaya tersebut. Petugas belum mendekati lokasi demi mencegah jatuhnya korban karena kebakaran dan ledakan di gudang tersebut masih terus terjadi. 

Menurut Brigjen Kristomei Sianturi, dalam kondisi seperti saat itu, tidak memungkinkan untuk melakukan lebih dekat lagi ke gudang amunisi tersebut. Pasalnya, bahaya ledakan masih mengancam. Petugas menghindari jatuhnya korban yang tidak diinginkan karena masih terjadi ledakan. 

Gudang amunisi milik Kodam Jaya, yang terletak di Kampung Parung Pinang, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor itu, terbakar pada Sabtu petang pukul 18.30 WIB. Warga di sekitar lokasi sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 

Sejauh ini, pihak TNI AD juga belum dapat memastikan penyebab serta dampak dari kebakaran ini. Brigjen Kristomei Sianturi memohon untuk bersabar, untuk mengumpulkan fakta-fakta di lapangan. ***