EmitenNews.com - Menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mulai memetakan ketersediaan dan pasokan pangan. 

 

"Pemerintah setiap saat terus menjaga keamanan pangan. Tetapi memang jelang natal dan tahun baru, kita mengantisipasi adanya potensi peningkatan permintaan dari masyarakat berkaitan pangan," kata Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan pada Bapanas Maino Dwi Hartono, di Palangka Raya, Rabu (1/11/2023).

 

Untuk itu, Pemerintah pusat melalui Bapanas meningkatkan koordinasi bersama pemerintah daerah di Kalteng, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota.

 

"Bersama-sama, kami berupaya meningkatkan ketersediaan pangan, memastikan distribusi aman, hingga menjaga stabilitas harga di pasaran," ujar Maino Dwi Hartono di sela rapat koordinasi pengendalian inflasi tingkat Provinsi Kalteng pada 2023.

 

Berkaitan dengan kondisi ketersediaan maupun harga pangan, Kalteng masih tergolong dalam kondisi aman, terlebih tingkat inflasinya secara nasional masuk dalam 10 terendah dengan 1,88 persen.

 

"Beberapa komoditas pangan yang menjadi perhatian secara nasional, di antaranya beras, gula, serta cabai rawit merah," ujar Maino Dwi Hartono. ***