EmitenNews.com - PT Hanwha Life Insurance Indonesia (HLII) menjadi pengendali baru Lippo General Insurance (LPGI). Itu menyusul akuisisi 47,69 persen saham Lippo General Insurance oleh Hanwha Life Insurance. Transaksi jual beli bersyarat alias conditional Share Purchase Agreement (CSPA) telah diteken pada 1 April 2022.


CSPA itu, melibatkan Hanwha Life Insurance, Hanwha General Insurance (HGI), Star Pasifik (LPLI), Inti Anugerah Pratama (IAP), dan Lippo General Insurance. Berdasar CSPA tersebut, Hanwha Life Insurance akan membeli sejumlah saham milik IAP di LGI mewakili 42,79 persen dari seluruh saham yang diterbitkan LGI yang mewakili 4,90 persen dari seluruh saham yang diterbitkan LGI. 


Selanjutnya, Hanwha General Insurance (HGI) akan membeli sejumlah saham milik Star Pasifik di LGI mewakili 14,9 persen dari seluruh saham yang diterbitkan perseroan. ”Saat tanggal pengumuman ini, Hanwha Life Insurance Indonesia tidak memiliki saham dalam LGI,” tutur Yeom Kyung Seon, President Director Hanwha Life Insurance Indonesia.


Sebagai calon pengendali baru, Hanwha Life Insurance bergerak dalam bisnis asuransi jiwa. Hanwha Life Insurance anak usaha Hanwha Life Insurance Co. Ltd. Di mana, Hanwha Life Insurance Co. Ltd menguasai 99,61 persen saham Hanwha Life Insurance Indonesia. (*)